Sep
28
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Kerugian Kebakaran Tangki Pertamina Capai 30 Juta Dolar AS
Oleh Wagino   
Senin, 23 Mei 2011 22:27

JAKARTA, (CIMED) – Angka kerugian akibat kebakaran yang melanda tiga tangki bahan bakar minyak (BBM) di kilang Pertamina Refinery Unit (RU) Cilacap pada awal April lalu sudah ditaksir.

Seperti dilansir sejumlah media Ibukota, PT Pertamina (Persero) memperkirakan total kerugian akibat kebakaran yang melanda tiga tangki di kilang Cilacap mencapai US$ 30 juta atau setara Rp 270 miliar (kurs US$ 1 = Rp 9.000).

Hal ini disampaikan oleh Direktur SDM Pertamina Rukmi Hadihartini dalam rapat dengan Komisi VII DPR yang diadakan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (23/5/2011).

"Kerugian Cilacap ditaksir US$ 30 juta tapi itu rinciannya belum, masih taksiran asuransi. Diharapkan diganti oleh asuransi," jelas Rukmi.

Menurut dia, nilai kerugian tersebut di antaranya buat membangun kembali tangki sebesar 20 juta dolar AS dan biaya pemadaman satu juta dolar AS.

Selain itu, buntut kebakaran tersebut, PT Pertamina mencopot empat manager. Namun empat manager tersebut tidak dipecat. Keempat manajer yang dilepas jabatannya adalah Manajer Kilang, Manajer Produksi, Manajer Pemeliharaan, dan Manajer Engineering.

Rukmi menyebutkan, hasil investigasi lainnya, menyatakan bahwa kebakaran tidak berdampak pada operasi selanjutnya. Menurutnyaertamina akan melakukan upaya pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang.

Pada kesempatan yang sama Vice President Corporate Communication Pertamina M. Harun menambahkan, kebakaran yang terjadi pada tiga tangki di Kilang Cilacap karena kesalahan teknis (technical error).

Seperti diketahui tiga tangki BBM yang berada di kompleks Kilang Pertamina RU IV Cilacap terbakar berturut-turut pada 2 dan 3 April 2011 dan baru bisa dipadamkan 6 April 2011. Tangki yang terbakar berisi minyak ringan HOMC (High Octane Mogas Component).