Des
12
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
KA Sidomukti Jurusan Cilacap-Solo Beroperasi Bulan Maret
Oleh Wagino   
Rabu, 24 Pebruari 2016 22:43

CILACAP, (CIMED) - Vice President PT KAI Daop 5 Safrudiansyah menyatakan, Kereta Api Sidomukti jurusan Cilacap-Solo pp akan menjadi alternatif baru bagi masyarakat Cilacap dan sekitarnya untuk transportasi ke jurusan Yogyakarta sampai dengan Solo.


"Jalur ini selama ini hanya dilayani trasnportasi jalan raya, setelah persambungan KA Logawa dari Cilacap ke Kroya dihentikan operasinya sejak tahun 2011 lalu," kata Safrudiansyah disela-sela persemian pengembangan Stasiun Gandrungmangun, Selasa (23/2/2016).

Menurutnya, PT KAI akan mengoperasikan KA Sidomukti jurusan Cilacap - Solo sekitar bulan Maret 2016. Penggodogan rencana operasi KA jalur selatan ini terus dilakukan intensif oleh manajemen PT KAI pusat.

"Kita rencanakan dalam bulan Maret akan mulai beroperasi," ujarnya.

Disebutkan, nantinya KA Sidomukti akan membawa delapan gerbong kelas Bisnis dan satu gerbong kereta makan untuk melayani rute ini.

"Jadi, setiap gerbongnya berkapasitas 64 tempat duduk, sehingga total akan tersedia 512 seat untuk setiap keberangkatan," terangnya.

Meskipun menggunakan rangkaian kelas Bisnis, lanjut dia, tarif KA Sidomukti direncanakan tidak berbeda dengan KA Joglokerto jurusan Purwokerto - Solo yang saat ini sudah beroperasi.

"Tarifnya kurang lebih sama dengan KA Joglokerto," tandasnya.

Sedangkan waktu tempuh Cilacap - Yogya untuk KA Sidomukti ini hanya sekitar 3 jam, sedangkan Yogya- Solo 1 jam. Sehingga jarak Cilacap- Solo hanya akan ditempuh dalam waktu 4 jam.

"Relatif singkatnya waktu tempuh KA ini dikarenakan jalur dari Kutoarjo - Solo saat ini sudah menggunakan double track," katanya.

Ditambahkan, selain waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan dengan transportasi jalan raya, KA ini juga memiliki keunggulan langsung masuk ke dalam kota.

"Entry point stasiun langsung berada di tengah kota, baik stasiun Tugu, Lempuyangan maupun Solobalapan," pungkasnya.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda