Okt
17
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Pengoperasian KA Sidomukti Dipastikan Molor
Oleh Wagino   
Selasa, 29 Maret 2016 00:34

CILACAP, (CIMED) - Rencana pengoperasian kereta api Sidomukti jurusan Cilacap - Solo PP yang semula ditargetkan pada Maret dipastikan mundur. Pasalnya, hingga akhir Maret ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengaku masih menggodok transportasi KA dari Cilacap ke jurusan timur seperti Yogyakarta dan Solo itu.


"Sampai sekarang belum ada kabar perkembangan lebih lanjut, karena masih digodok terus," kata Manager Corporate Communication PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, kepada CIMED, Selasa (29/3/2016).

Surono mengakui, rencana awal pengoperasian KA baru jurusan Cilacap - Solo ini pada bulan Maret ini, akan tetapi sampai saat ini masih dalam proses penggodokan. Menurutnya, karena banyaknya jadwal kereta yang terimbas rencana pengoperasian KA Sidomukti sehingga harus dilakukan re-scedule keberangkatan kereta.

"Banyak kereta yang lain terimbas KA Sidomukti, sehingga harus dijadwal ulang. Ini mungkin yang membuat waktu penggodokan menjadi lama," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, PT KAI akan mengoperasikan KA Sidomukti jurusan Cilacap - Solo sekitar bulan Maret 2016. Penggodogan rencana operasi KA jalur selatan ini terus dilakukan intensif oleh manajemen PT KAI pusat.

KA jurusan Cilacap-Solo pp ini akan menjadi alternatif baru bagi masyarakat Cilacap dan sekitarnya untuk transportasi ke jurusan Yogyakarta sampai dengan Solo. Nantinya KA Sidomukti akan membawa delapan gerbong kelas Bisnis dan satu gerbong kereta makan untuk melayani rute ini.

Setiap gerbong berkapasitas 64 tempat duduk, sehingga total akan tersedia 512 seat untuk setiap keberangkatan. Sementara untuk tarif KA Sidomukti direncanakan tidak berbeda dengan KA Joglokerto jurusan Purwokerto - Solo yang saat ini sudah beroperasi.

Sedangkan waktu tempuh Cilacap - Yogya untuk KA Sidomukti ini hanya sekitar 3 jam, sedangkan Yogya- Solo 1 jam. Sehingga jarak Cilacap- Solo hanya akan ditempuh dalam waktu 4 jam.

Selama ini, jalur ini hanya dilayani trasnportasi jalan raya, setelah persambungan KA Logawa dari Cilacap ke Kroya dihentikan operasinya sejak tahun 2011 lalu.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda