Okt
17
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim
Pedagang Pasar Sampang Bangun Atap Swadaya
Oleh Wagino   
Kamis, 26 Mei 2016 18:56

SAMPANG, (CIMED) - Penantian panjang yang dirasakan oleh ratusan pedagang los Pasar Sampang korban pasca kebakaran dua tahun yang silam belum segera berakhir. Mereka bisa kembali menempati pasar setelah atap lantai II dibangun kembali. Atap dan lapak tersebut dibangun secara swadaya, lantaran pemerintah setempat tak kunjung membantu memperbaiki.


Anggaran pembangunan atap dan lapak pedagang murni urunan dari pedagang. Tidak ada tambahan bantuan anggaran baik dari pemerintah daerah, investor maupun anggaran CSR (Coorporate Social Responsibility) dari perusahaan yang ada di Cilacap.

"Pembangunan atap di lantai II Pasar Sampang ini menghabiskan dana sebesar Rp 1.050.000.000. Dana itu merupakan murni swadaya para pedagang. Karena menggunakan dana swadaya, pedagang pun menamainya Pasar Swadaya," kata Ketua Paguyuban Warga Pedagang Pasar Sampang, Marsono, Kamis (25/5/2016).

Marsono menyebutkan, untuk pedagang yang di lantai atas iuran Rp 250 ribu per meternya, sedangkan pedagang di lantai bawah partisipasi RP 50 ribu.

"Hitungan per meter ini, disesuaikan dengan luas lapak yang ditempati oleh para pedagang di lantai II. Sehingga masing-masing pedagang, satu dengan lainnya berbeda untuk urunan," bebernya.

Dia menuturkan, atap pasar yang menggunakan baja ringan dibangun sejak tanggal 22 Februari lalu, dan selesai pada tanggal 15 Mei.

"Selama satu minggu ini, pedagang mulai naik ke atas dan membangun lapak-lapaknya. Dan yang ada di penampungan sudah bersih semua,” tuturnya.

Para pedagang yang sebelumnya berada di penampungan di belakang pasar menempati jalan desa, dan halaman milik masyarakat sudah membongkar semua lapak-lapaknya. Sedikitnya 570 pedagang sudah menempati lapaknya yang baru di lantai II Pasar Swadaya Sampang.

Ditengah pedagang menempati lapak lantai II Pasar Sampang, Bupati Cilacap Tatto Suwarto berkesempatan meninjau pasar. Akan tetapi, kedatangan orang nomor satu Cilacap itu justru kurang berkenan dihati para pedagang. Mereka terlihat kurang puas. Pasalnya, Bupati bukannya datang memberi bantuan untuk pembangunan atap, yang ada justru Bupati hanya berfoto bersama pedagang.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda