Agu
18
2017
Today
Cuaca Cilacap 24-05-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Tujuh Pengusaha Muda Terima Modal Kerja dan Digembleng Cara Kelola Bisnis
Oleh Wagino   
Jumat, 31 Maret 2017 12:59

CILACAP, (CIMED) - PT Pertamina Lubricants melanjutkan pembinaan terhadap peserta Enduro Student Program (ESP) yang telah sukses membuka bisnis bengkel di wilayah Cilacap. Mereka juga mendapat modal kerja serta pendampingan dalam pengelolaan bisnis.


Operation Head LOBP Production Unit Cilacap PT Pertamina Lubricants, Fathun Najib mengatakan, peserta ESP terdiri dari tujuh pengusaha muda dan masing-masing telah membuka bengkel pada bulan Desember 2016 lalu. Mereka adalah Dwi Wahyuni Agustin, Ade Izatul Kholiq, Muhammad Ajhuri, Saepul Sidik, Jayusman Widodo dan Khoerur Rijal.

"Para peserta dibimbing lebih lanjut dalam mengatur dan mencatat keuangan oleh Centre of Entrepreneurship, Change, and Third Sector (CECT) Universitas Trisakti," kata Najib, Jumat (31/3/2017).

Menurutnya, saat ini para peserta telah menunjukan prestasi yang membanggakan dan berhasil menjalankan bisnis atau usaha bengkel Enduro selama empat bulan.

"Proses yang ditempuh oleh peserta membuat kami bangga, terutama melihat ketekunan peserta mengasah mental, karakter, dan keterampilan untuk mengembangkan bengkel yang dirintis," ujarnya.

Najib menerangkan, dalam praktek wirausaha, para pengusaha muda ini berupaya menjalankannya dengan nilai-nilai 6C, value yang ditanamkan di PT.Pertamina Lubricants yaitu Clean, Competitive, Confidence, Customer Focus, Commercial, & Capable. Para peserta Enduro Student Program menerjemahkan 6C sebagai Clean: menjalankan bisnis yang bebas dari kecurangan. Competitive: memiliki kompetensi dan daya saing, Confidence: percaya akan kemampuan diri, Customer Focus: fokus pada pelayanan dan kepuasan pelanggan, Commecial: mengedepankan nilai tambah bagi bisnis, dan Capable: memberikan dampak bagi lingkungan dan masyarakat. Nilai-nilai tersebut menjadi pendorong untuk meraih cita-cita tim ESP.

"Pembinaan Enduro Student Program terus berlanjut untuk mendorong cita-cita mereka dalam mewujudkan wirausaha yang mandiri dan memberikan dampak baik terhadap perekonomian Cilacap. Harapan kami semoga para peserta memiliki semangat yang terus meningkat sehingga kita bersama-sama bisa tumbuh, sukses dan menjadi satu keluarga besar Pertamina Lubricants,” terang Najib.

Dalam kesempatan yang sama, pemateri CECT Universitas Trisakti Rio Zakarias Widyandaru menjelaskan, dalam business coaching ini, peserta mempelajari mengenai hal-hal yang berhubungan dengan transaksi (cash flow) rutin yang dihadapi oleh bengkel, dan peserta dibimbing untuk mencatatnya. Melalui panduan akuntansi sederhana para peserta akan dapat mengaplikasikannya padabengkel mereka.

“Para peserta sangat antusias dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Pelatihan ini akan membantu mereka menganalisis dan memutuskan apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis berdasarkan laporan keuangan,” jelas Rio.

Sementara salah satu peserta ESP, Jayusman perintis bengkel Djaya Motor saat ditanya mengenai perubahan sikap apa yang dirasakan setelah menjadi wirausaha mengatakan dirinya jadi makin semangat bekerja, disiplin waktu,menghargai uang, dan pikirannya terus bekerja bagaimana agar usaha lancar.

Hal senada juga diungkapkan Dwi Wahyuni Agustin, satu-satunya peserta perempuan, bahwa proses menjadi wirausaha membuatnya menjadi lebih percaya diri.

“Pada awal pertama saya tidak percaya dengan kemampuan saya, misalnya kesulitan berkomunikasi dengan pelanggan dan tidak berani mengatasi pekerjaan yang rumit. Bagi saya dukungan bapak sangat berarti, beliau yang jadi mentor. Kesulitan kemudian saya hadapi dan justrumembuat saya jadi percaya diri.” tuturnya.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda