Okt
20
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
KA 'Wijaya Kusuma' Jurusan Cilacap - Yogya - Solo Resmi Diluncurkan Minggu Depan
Oleh Wagino   
Rabu, 20 September 2017 14:57

CILACAP, (CIMED) - Penantian panjang masyarakat Cilacap dan sekitarnya terhadap moda transportasi kereta api (KA) dari Cilacap dengan tujuan ke arah timur seperti seperti Yogyakarta dan Solo akhirnya terwujud. Pasalnya, dalam rangka menyambut HUT ke-72, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan satu buah Kereta Api kelas Ekonomi Premium baru relasi Cilacap – Yogyakarta - Solo yang diberi nama KA Wijaya Kusuma.

 

Menurut Manajer Humas Daop V Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, nama Wijaya Kusuma tentunya sudah tidak asing bagi warga Cilacap, Pemilihan nama tersebut diharapkan menambah keakraban bagi warga Cilacap dan sekitarnya menggunakan Kereta Api sebagai transportasi utama jika akan bepergian.


"Peluncuran perdana perjalanan KA Wijaya Kusuma akan dilaksanakan pada Selasa, 26 September 2017, di Stasiun Cilacap pukul 14.10 WIB. Perjalanan perdana KA Wijaya Kusuma dijadwalkan akan berhenti di stasiun Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, Wates dan Yogyakarta," ujar Ixfan dalam siaran persnya, Rabu (20/9/2017).

Ixfan mengungkapkan, terhitung mulai tanggal 26 September 2017 hingga 26 Desember 2017 KA Wijaya Kusuma akan mendapat tarif promo. Tarif Cilacap menuju Yogyakarta/Lempuyangan, kata dia, dibanderol Rp 50 ribu, sedangkan keberangkatan Cilacap menuju Solo dipasang tarif Rp 70 ribu. Selain itu ada pula tarif spesial untuk rute jarak dekat. Untuk naik KA Wijaya Kusuma keberangkatan Kutoarjo menuju Yogyakarta atau Lempuyangan (pp) dipasang tarif Rp 25 ribu.

"Keberangkatan Kroya menuju Cilacap (pp) Rp 20 ribu, sedangkan Yogyakarta menuju Solo (pp) Rp 40 ribu," paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, reservasi tiket sudah dapat dilayani mulai tanggal 19 sd 30 September keberangkatan melalui loket stasiun online, aplikasi KAI Access maupun kanal resmi yang bekerjasama dengan PT KAI.

Ia menandaskan, dengan rilis resmi tersebut, pihaknya berharap bisa menjawab terkait berita yang sifatnya simpang siur dikalangan masyarakat beberapa hari yang lalu.

Berdasarkan catatan CILACAPMEDIA.com, sejak 1 April 2011 PT KAI Daop V Purwokerto menghentikan KA feeder persambungan Logawa dari Cilacap-Kroya pp dengan alasan keterbatasan lokomotif. Selama beroperasi KA feeder Logawa menggunakan lokomotif hidraulik seri BB 300 buatan pabrik Krupp, Jerman tahun 1958. Sehingga dengan usia yang sudah mencapi 52 tahun lebih secara teknis sudah tidak laik jalan untuk menarik rangkaian KA penumpang.

Setelah KA feeder Logawa Cilacap-Kroya dihentikan, praktis masyarakat yang selama ini mengandalkan transportasi murah kehilangan terutama masyarakat Cilacap yang berada di Kota Cilacap. Meski KA Logawa jurusan Purwokerto-Jember berhenti ini di stasiun Kroya, namun karena jarak yang lumayan jauh membuat penumpang dari Kota Cilacap kesulitan.

Ditengah penantian beroperasinya kembali KA persambungan Logawa Cilacap - Kroya, masyarakat mendapat angin segar setelah pada 14 Agustus 2012 PT KAI mengoperasikan Kereta Rel Diesel Elektrik AC (KRDE AC) Maguwo Ekspres jurusan Purwokerto-Maguwo (Yogya)-Cilacap. Namun KRDE AC yang digadang-gadang menjadi alternatif transportasi menggantikan KA feeder Logawa hanya berumur kurang dari bulan. Sebab terhitung 11 September 2012 PT KAI mengubah jadwal dan rute perjalanan KRDE AC Maguwo Ekspres. Rute diubah menjadi Purwokerto-Maguwo, dan tidak lagi ke Cilacap.

Kemudian pada awal 2016, PT KAI Daop V Purwokerto berencana mengoperasikan KA Sido Mukti jurusan Cilacap - Solo. Hal ini untuk menjawab tingginya permintaan masyarakat di daerah sekitar Cilacap terhadap transportasi KA ke jurusan Yogyakarta dan Solo. Karena selama ini belum ada kereta api dari Cilacap kejurusan timur. Namun kereta yang dijadwalkan mulai beroperasi pada Maret 2016 sampai saat ini tak kunjung muncul.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda