Agu
14
2020
Today
Cuaca Cilacap 03-08-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
SIG Dorong Peningkatan Ekspor Gula Semut Cilacap
Oleh Wagino   

CILACAP, (CIMED) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui Departemen CSR dalam program SIG Cerdas ikut mendorong peningkatan ekspor gula semut yang banyak diproduksi di Kabupaten Cilacap.


Untuk itu SIG bekerjasama dengan Perhimpunan SETARA menggelar pelatihan dan pendampingan selama tiga hari pada 21-23 Juli 2020 di salah satu hotel di Cilacap.  Tema kegiatan yang diusung Pelatihan Peningkatan Teknik Produksi Gula Kelapa Kristal Kualitas Ekspor dan Bantuan Peralatan Produksi. Kegiatan diikuti 30 warga yang terdiri dari para petani penderes gula kelapa dari Cilacap Barat, Tengah dan Timur.

General Manager of  CSR SIG, Edy Saraya, mengatakan, selama pelatihan mereka mendapatkan pengetahuan dan keterampilan diantaranya mengenai standar mutu produk gula, good manufacturing practice (GMP) dan peningkatan mutu gula kelapa murni.

"Dengan metode pelatihan 50% teori dan 50 % praktek diharapkan para penderes memiliki pengetahuan mengenai cara-cara atau teknik membuat gula kelapa kristal atau gula kelapa semut berkualitas yang memiliki standar ekspor. Nantinya gula semut ini akan di ekspor ke negara–negara di Timur Tengah dan Eropa," kata Edy Saraya, Kamis (23/7/2020).

Disebutkan, di wilayah Kabupaten Cilacap ada kurang lebih 1.237 penderes yang sehari-harinya sebagai pengrajin gula kelapa. Jumlah ini, menurutnya, sangat potensial untuk lebih meningkatkan produksi gula semut, hal ini didukung dengan banyaknya pohon kelapa yang merupakan sumber dari nira sebagai bahan baku gula kelapa.    

"Peningkatan produksi gula yang dibarengi dengan peningkatan mutu akan juga meningkatkan pendapatan para petani gula. Karena harga jual gula semut kualitas ekspor lebih mahal dibanding gula yang dijual untuk konsumsi lokal,“ pungkasnya.