Jul
24
2014
Today

Cuaca Cilacap 21-7-2014

Hujan
Suhu : 24-310C
Angin : 5-27 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Satuan Narkoba Polda Jateng Sidak Ke Nusakambangan
Oleh Wagino   
Rabu, 09 Mei 2012 12:05

CILACAP, (CIMED) – Maraknya peredaran narkotika di dalam lembaga pemasyarakatan, Satuan Narkoba Polda Jateng menggelar inspeksi mendadak (sidak) terhadap penghuni LP Narkotika dan Pasir Putih, Nusakambangan, Selasa (8/5/2012) sore.

Meski tidak mendapati narkotika namun petugas menemukan sejumlah benda yang dilarang dimiliki penghuni lapas seperti telpon genggam, pisau, bong shabu dan sejumlah barang elektronik lainnya. Termasuk tiga penghuni lapas Narkotika yang positif memakai narkoba.

Sidak dipimpin langsung oleh Dir Narkoba Polda Jateng Kombespol Drs. John Turman Panjaitan dan Wadir Narkoba AKBP Yaved Duma Parembang bersama Kapolres Cilacap AKBP Rudi Darmoko. Sidak diikuti puluhan petugas dari Satuan Narkoba dan Tim Dok Kes Polda Jateng yang dibantu anggota Satuan Narkoba dan dua pleton Satuan Samapta Polres Cilacap.

“Kita tadi melakukan kegiatan mulai dari lapas Pasir Putih (SMS). Di SMS kita lakukan tes urine terhadap napi yang kita curigai berdasarkan pupil mata. Ternyata hasilnya negatif,” ujar  Dir Narkoba Polda Jateng Kombespol Drs. John Turman Panjaitan saat ditemui wartawan di dermaga Wijayapura usai melakukan sidak Selasa malam.

Dijelaskan, dari SMS sidak dilanjutkan ke Lapas Narkotika.

“Disitu kita lakukan hal yang sama dengan melakukan pemeriksaan dari kamar-ke kamar. Disana kita temuka tiga napi yang positif,” jelasnya.

Hasilnya, ada tiga napi yang positif. Selain itu petugas juga menemukan sejumlah barang bukti berupa benda-benda yang dilarang dimiliki penghuni lapas seperti telpon genggam, sim card, pisau, bong shabu, plastic bekas dan penguat sinyal serta barang-barang elektronik seperti LCD TV, CD/ DVD Player, MP3, Head Set.

“Untuk plastik bekas yang kita temukan itu bekas narkoba atau bukan nanti kita cek di labfor. Sedang bong kita temukan di kamar A 33 Lapas Narkotika. Handpone ada yang kita temukan di kamar dan ada juga yang di closet,” terangnya.

Disinggung mengenai sidak tersebut terkait dengan kasus penangkapan di Wonosobo, dia mengatakan tidak ada kaitannya.

“Ini adalah kegiatan rutin. Tugas kita adalah bagaimana memutus mata rantai antara orang-orang yang ada di lapas dengan orang yang ada di luar. Karena selama ini yang kita temui bahwa yang mengendalikan dari lapas. Maka kita coba cek, kita bangun kerjasama, kita coba berikan semangat supaya pengawasan di Lapas diperketat,” tegasnya.

Meski menemukan sejumlah barang bukti dan napi yang positif memakai narkoba, namun petugas tidak membawa napi yang dibawa.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Comments 

 
0 #1 setuju enyong karo rika pak pul..pulisi 2012-05-09 12:33
aku setuju banget.........kudune sidak meng lapas di adakna 3 wulan sepisan apa 5 wulan sepisan , kan dadi jual beli narkoba di lapas semakin menurun....
Quote
 

Posting komentar anda