Sep
28
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Motor Curian Diserahkan Kepada Pemiliknya
Oleh Wagino   
Rabu, 04 Nopember 2015 20:56

CILACAP, (CIMED) - Upaya jajaran Reskrim Polres Cilacap dalam mengungkap sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) membuahkan hasil. Terbukti, sedikitnya 20 unit kendaraan bermotor berbagai merk hasil curian berhasil disita dari pelaku komplotan Lampung yang sudah dibekuk. Kini sepeda motor tersebut diserahkan kepada masing-masing pemiliknya.


"Kita serahkan sepeda motor dari hasil pengungkapan kasus pencurian sepeda motor yang disita dari komplotan Lampung kepada pemiliknya secara cuma-cuma," kata Kapolres Ulung Sampurna Jaya, Rabu (4/11/2015).

Dari 20 unit sepeda motor yang disita, kata Ulung, beberapa diantaranya langsung diambil oleh pemilik sahnya dengan menunjukan bukti surat-surat resmi kepemilikan sepeda motor. Hanya saja, sebagian besar sepeda motor hasil curian tersebut sudah tak dilengkapi plat nomor dan kunci kontak sudah rusak.

"Kepada masyarakat yang merasa kehilangan sepeda motor agar segera menghubungi Satreskrim. Datang dengan membawa BPKB asli maupun surat-surat pendukung lainnya," tandasnya.

Meski dua pelaku komplotan Lampung sudah berhasil diringkus, akan tetapi Kapolres mengimbau kepada masyarakat Cilacap agar lebih hati-hati dalam memarkirkan sepeda motornya. Bila motor diparkir di teras rumah yang ada gerbangnya agar pintu ditutup dan dikunci.

“Kalau diparkir di tempat parkir yang terbuka hendaknya cari tempat yang mudah dalam pengawasannya. Bila perlu dipasang kunci pengamaan tambahan agar sepeda motor tidak mudah dicuri,” tandasnya.

Selain itu, Ulung menegaskan, jangan terkecoh dengan penampilan pelaku yang terlihat rapi dan santun.

"Penampilan pelaku rapi, mengenakan pakaian batik, jaket dan tas punggung. Jadi sepintas tidak terlihat seperti pelaku kejahatan," tegasnya.

Nurudi, warga Jalan Gunung Batu, Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah salah satu korban mengaku senang sepeda motor Kawasaki Ninjanya bisa ditemukan.

"Motor saya hilang seminggu yang lalu, saat itu pas malam minggu saya sedang main ke rumah teman di Klapalima, Kelurahan Cilacap. Waktu itu ada beberapa motor, tapi yang diambil motor saya. Padahal motor saya kunci stang, saya kaget pas mau pulang motor sudah tidak ada," ujar Nurudi disela-sela penyerahan sepeda motor Yamaha Mio miliknya dari Polres Cilacap.

Diberitakan sebelumnya, tim gabungan Reskrim Polres Cilacap dan jajaran Polsek Kota berhasil meringkus komplotan spesialis curanmor yang kerap beraksi di wilayah Kota Cilacap. Satu pelaku berhasil dilumpuhkan dengan timah panas, seorang pelaku lainnya tewas akibat kepalanya terbentur aspal karena melawan saat hendak diringkus dalam penyergapan di wilayah Patimuan. Dua anggota kelompok Lampung lainnya masih dalam pengejaran.

Pelaku yang tewas adalah Hendra Saputra (20) warga Desa Negara Saka RT 04 R 04 Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Sementara pelaku yang mengalami luka tembak yakni Jhoni Iskandar (21) warga Desa Jabung RT 01 RW 01 Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi Lampung.

Selama dua bulan di Cilacap mereka telah menjalankan aksinya di 50 TKP. Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan 20 sepeda motor hasil kejahatan. Motor hasil curian tersebut selama ini dijual di wilayah Jawa Barat.