Sep
21
2018
Today
Cuaca Cilacap 07-06-2018

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Marak Berita Penculikan Anak Lewat Medsos, Masyarakat Dihimbau Jangan Mudah Percaya
Oleh Wagino   
Selasa, 07 Maret 2017 11:25

CILACAP, (CIMED) - Kepolisian Resor Cilacap Poda Jawa Tengah menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita palsu (hoax, red) yang  dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. Seperti kabar penculikan terhadap anak yang terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap yang merebak di situs jejaring media sosial belakangan ini.


Untuk meyakinkan pembaca, berita tersebut juga disertai dengan gambar seorang perempuan yang sedang diborgol tangannya. Perempuan tersebut diberitakan merupakan salah satu pelaku yang tertangkap di Polsek Kroya Polres Cilacap Polda Jawa Tengah.

Menanggapi kabar tersebut, Kapolres Cilacap AKBP Yudho Hermanto melalui Kasubbag Humas AKP Bintoro Wasono menegaskan bahwa berita tersebut tidak benar.

"Tidak benar. Sampai saat ini wilayah hukum Polres Cilacap dalam keadaan aman terkendali tidak ada kejadian yang menonjol," tegas AKP Bintoro, Selasa (7/3/2017).

Lebih lanjut dikatakan, kabar tersebut sudah dikonfirmasikan ke Sentral Pelayanan Kepolisian di Polres dan cek langsung kepada Kapolsek jajaran bahwa tidak ada laporan tentang penculikan anak atau penangkapan terhadap pelaku penculikan anak.

“Berita tentang penculikan anak di wilayah Cilacap adalah hoax atau berita palsu,” tandasnya.

Oleh karena itu, kepada warga masyarakat dihimbau agar tidak mudah percaya dan  terpengaruh dengan berita yang belum jelas sumbernya. Masyarakat, kata dia, harus mengetahui bahwa berita hoax adalah kabar palsu yang sengaja disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuat kehebohan sehingga timbul kekawatiran dimasyarakat.

"Jadi jangan percaya pada berita hoax yang menyesatkan, periksa dan cek sumber beritanya, jika di berita tersebut menyebutkan nomor telepon instansi seperti kantor Polisi atau yang lain segera hubungi untuk memastikan kebenaran berita tersebut," pungkas Kasubbag Humas Polres Cilacap.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda