Nov
21
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim
Probo Janji Kembalikan Uang Kerugian Negara
Oleh Wagino   
Rabu, 16 Agustus 2017 16:27

CILACAP, (CIMED) - Probo Yulastoro, akhirnya menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan penyelewengan keuangan daerah Kabupaten Cilacap yang menyebabkan kas daerah bobol Rp 10,8 miliar. Mantan Bupati Cilacap tidak ditahan lantaran berjanji akan mengembalikan uang kerugian negara ke Kejaksaan Negeri Cilacap dan melengkapi dokumen.


"Hari ini pemeriksaan terhadap tersangka dan konfrontir dengan saksi. Ada beberapa barang bukti yang belum bisa dijawab oleh yang bersangkutan. Sambil menjalani pemeriksaan, tersangka bersedia mengembalikan uang kerugian negara sebesar Rp 7,5 miliar," kata Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap Berdiaman Simalango melalui Kepala Seksi Pidana Khusus Bobi Haryanto, Rabu (16/8/2017).

Bobi mengungkapkan, permasalahannya, yang bersangkutan masih lapor ke PPATK dan OJK dulu untuk melakukan transaksi keuangan sebesar itu.

"Sampai hari ini belum ada jawaban dari PPATK, maka yang bersangkutan minta diperiksa kembali pada Jumat minggu depan. Dan melanjutkan pemeriksan dan konfrontir dengan saksi lain seperti Kamaludin, Sayidi dan Mujiono," ungkapnya.

Disinggung terkait alasan tersangka tidak ditahan, Kasi Pidsus mengatakan, karena yang bersangkutan mau mencari tambahan dokumen, kemudian konfrontir dengan saksi dan berjanji mengembalikan uang kerugian negara.

"Yang terpenting adalah menyelamatkan uang negara dulu. Akan tetapi, pengembalian kerugian negara tidak menghapus pidananya," tegasnya.

Terpisah, kuasa hukum Probo Yulastoro yang ditemui usai pemeriksaan yang berlangsung selama kurang lebih empat jam itu mengatakan, pihaknya meminta kepada penyidik Kejaksaan untuk memberikan kesempatan kepada kliennya dan saksi Sayidi untuk mencari bukti-bukti dokumen aliran dana.

"Karena sudah lama, klien saya dan saksi Sayidi sudah blank. Jadi kami minta kepada Kejaksaan untuk memberikan kesempatan kepada pak Probo dan Sayidi mencari bukti-bukti dulu. Akhirnya diberi kesempatan selama seminggu untuk mencari fakta-fakta," katanya.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda