Nov
21
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim
Langkah Kejari Tuntaskan Kasus Kasda Bolong Rp 10,8 Miliar Dapat Apresiasi
Oleh Wagino   
Senin, 28 Agustus 2017 21:07

CILACAP, (CIMED) - Langkah Kejaksaan Negeri Cilacap yang berani menuntaskan kasus bolongnya kas daerah Kabupaten Cilacap Rp 10,8 miliar yang mandeg hampir 10 tahun mendapat apresiasi. Hal itu menyusul penahanan terhadap tersangka Probo Yulastoro dan Sayidi, keduanya merupakan mantan Bupati dan Sekda Cilacap.


Menurut Koordinator MITRA Institute, Agus Dwi Wahyudi, dibawah kepemimpinan Kajari Berdiaman Simalango tim penyidik menunjukkan tajinya garang melabrak kasus dugaan korupsi terbesar se-Jawa Tengah. Tak hanya itu, yang dihadapi juga tidak main-main karena bekas orang nomor satu dan jendralnya PNS Cilacap.

"Kecepatan keputusan penahanan terhadap Probo dan Sayidi setelah diperiksa membutuhkan nyali kuat dan merupakan keputusan yang tepat. Sikap ini telah membuktikan keberpihakan kejaksaan kepada kepentingan yang lebih besar yaitu tegaknya keadilan bagi masyarakat," ujar Agus ditemui usai langsung memantau proses penahanan terhadap mantan dua petinggi Cilacap, Senin (28/8/2017).

Lebih lanjut Agus mengatakan, MITRA Institute selanjutnya mendorong penyidik Kejaksaan segera mempercepat pemberkasan untuk segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Semarang.

"Terkait dengan keberatan dan upaya untuk menarik konstruksi perkara kepada kasus Take Over Pasar Sampang, kami kira akan diuji pada proses sidang di Pengadilan Tipikor Semarang. Apakah benar atau justru dimentahkan oleh JPU," katanya.

Ditambahkan, pada aspek ini MITRA Institute meyakini bahwa pengungkapan kasus ini lebih pada perbuatan penyalahgunaan kewenangan secara berjenjang yang menguntungkan seseorang atau orang lain.

"Kami yakin akan ada tersangka baru dalam kasus ini," imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Senin (28/8/2017) penyidik Kejari Cilacap akhirnya menahan tersangka Probo Yulastoro dan Sayidi dalam kasus dugaan penyelewengan keuangan daerah Kabupaten Cilacap yang menyebabkan kas daerah bobol Rp 10,8 miliar (Baca : Kas Daerah Cilacap Bobol Rp 10,8 Miliar). Penahanan terhadap mantan Bupati dan Sekda di Cilacap itu dilakukan setelah kedua tersangka menjalani pemeriksaan selama lima jam.

Kedua tersangka kini ditahan di Lapas Cilacap yang letaknya bersebelahan dengan Kejari Cilacap. Mantan pejabat Cilacap itu dijerat UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda