Nov
21
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim
Pengacara Probo Minta Telaah Material Secara Detail Kasus Kasda Bolong
Oleh Wagino   
Selasa, 29 Agustus 2017 13:27

CILACAP, (CIMED) - Penyidik Kejaksaan Negeri Cilacap telah menahan dua tersangka kasus bobolnya kas daerah Kabupaten Cilacap Rp 10,8 miliar, Senin (28/8/2017) yang menyeret mantan Bupati Cilacap Probo Yulastoro dan Sekda Sayidi. Keduanya dianggap bertanggungjawab atas dugaan penyelewengan keuangan daerah Kabupaten Cilacap yang terjadi.


Pengacara Probo Yulastoro meminta aparat hukum dan semua pihak yang berkepentingan dengan kasus tersebut untuk melakukan telaah detail atas materi hukum kasus tersebut. Langkah ini perlu dilakukan untuk memastikan kemana sebenarnya uang tersebut.

''Ini keinginan kami. Semua pihak yang berkepentingan dengan kasus ini diharapkan melakukan telaah material secara detil atas kasus tersebut,'' kata Bambang Sri Wahono, pengacara Probo Yulastoro, Selasa (29/8/2017).

Bambang mengatakan sejumlah saksi memastikan bahwa Probo Yulastoro tidak menikmati kas bolong tersebut. Ini selaras dengan pernyataan klien mereka bahwa yang bersangkutan tidak pernah menikmati uang tersebut.

''Oleh karena itu kami ingin agar ada telaah hukum lebih detil atas materi hukum tersebut. Ini untuk memastikan kebenaran yang sebenarnya,'' katanya.

Menurutnya, telaah ini perlu dilakukan karena bagaimanapun kasus tersebut sudah masuk dalam tahap penahanan klien mereka. Kalau nanti terus bergulir maka ketidakpastian dimana anggaran itu berada bisa memberi imbas merugikan bagi klien mereka. Selain meminta semua pihak melakukan telaah detil ini, pihak pengacara Probo Yulastoro juga mengatakan akan meminta dilakukan audit atas anggaran tersebut kepada pihak auditor independen. Ini karena ada perbedaan angka hasil audit oleh BPK angka yang ada adalah Rp. 7,5 miliar sementara pihak kejaksaan mengatakan angka yang bobol adalah Rp. 10, 8 miliar.

''Audit oleh auditor independen akan kami tempuh untuk memastikan berapa sebenarnya angka anggaran yang dinilai bobol,'' imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Senin (28/8/2017) penyidik Kejari Cilacap akhirnya menahan tersangka Probo Yulastoro dan Sayidi dalam kasus dugaan penyelewengan keuangan daerah Kabupaten Cilacap yang menyebabkan kas daerah bobol Rp 10,8 miliar. Penahanan terhadap mantan Bupati dan Sekda di Cilacap itu dilakukan setelah kedua tersangka menjalani pemeriksaan selama lima jam.

Kedua tersangka kini ditahan di Lapas Cilacap yang letaknya bersebelahan dengan Kejari Cilacap. Mantan pejabat Cilacap itu dijerat UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda