Nov
17
2019
Today
Cuaca Cilacap 09-08-2019

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Resahkan Warga Sidareja, Pelaku Jambret Diringkus
Oleh Wagino   
Senin, 02 September 2019 12:10

CILACAP, (CIMED) - Setelah melakukan penyelidikan yang rumit dan memakan waktu dua bulan lebih, akhirnya Unit Reskrim Polsek Sidareja berhasil meringkus Solihin (30). Buruh tani asal Dusun Ciparuk Desa Kunci, Kecamatan Sidareja, Cilacap ini ditangkap polisi karena diduga sebagai pelaku jambret dengan sasaran emak-emak di wilayah Sidareja.


Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kasat Reskrim AKP Onkoseno Gandiarso Sukahar mengatakan, Unit Reskrim Polsek Sidareja berhasil mengungkap kasus jambret terjadi tiga kali di wilayah Sidareja. Kejadian terakhir kasus jambret terjadi pada 19 Juni 2019 lalu.

"Proses penyelidikan kasus ini cukup rumit karena minimnya saksi di lokasi kejadian sehingga memakan waktu lama. Namun akhirnya terungkap seminggu lalu dan berhasil menyelamatkan barang bukti uang senilai Rp 9.800.000," kata Kasat Reskrim, di Mapolres Cilacap, Senin (9/2/2019).

Disebutkan, pelaku menjalankan aksinya sendirian dengan menyasar ibu-ibu yang berangkat maupun pulang belanja dari pasar dan menenteng dompet.

"Modusnya pelaku melihat ibu-ibu yang hendak berangkat maupun pulang belanja dan menenteng dompet. Korban yang berada di pinggir jalan langsung disambar oleh pelaku yang mengendarai sepeda motor. Pelaku langsung menghilang," ungkapnya.

Dari hasil penyelidikan dan pengembangan, tersangka sudah melakukan aksinya di tiga tempat berbeda di wilayah Sidareja. Seluruh korban adalah ibu-ibu.

"Tersangka dijerat pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman pidana paling lama sembilan tahun," tandasnya.

Kepada polisi tersangka mengaku telah menjalankan aksi jambret sebanyak tiga kali, yang pertama di Desa Gunungreja yang berhasil merampas HP. Yang kedua di Cikalong yang berhasil merampas dompet berisi uang Rp 11 juta dan yang ketiga di Sidareja berupa HP.

"Hasil jambret saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari bersama kelurga," ucapnya.

Atas banyaknya kasus kejahatan jalanan yang terjadi, Kasat Reskrim mengimbau agar warga masyarakat hati-hati dan waspada. Bila melakukan perjalanan, barang-barang berharga agar disimpan dengan baik.

"Bila melakukan perjalanan, sebaiknya jangan sendirian. Sebisa mungkin bawa teman," pungkasnya.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda