Sep
28
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
76 Napi Kelas Berat Asal Lampung Dipindahkan ke Nusakambangan
Oleh Wagino   
Kamis, 27 Agustus 2020 13:09

CILACAP, (CIMED) - Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Kelas II A Karanganyar, Nusakambangan, Cilacap mendapat 76 penghuni baru, Kamis (27/8/2020) siang. Mereka yang diboyong ke Lapas super maximum security ini adalah narapidana kelas berat berbagai kasus asal sejumlah Lapas di Lampung. 42 Diantaranya napi dengan hukuman seumur hidup dan tiga lainnya terpidana mati.


Para napi ini dipindahkan dari Lampung menuju pulau Nusakambangan, Cilacap melalui jalan darat menggunakan tiga bus polisi dengan pengawalan ketat Brimob Polda Lampung.

Pantauan CILACAPMEDIA.com di dermaga Wijayapura, sebelum rombongan tiba sejumlah personel anggota Polres Cilacap sudah ditempatkan di sejumlah titik. Termasuk di komplek dermaga penyeberangan Wijayapura, pintu gerbang sejak siang sudah dijaga ketat.

Sekitar pukul 12.15 WIB iring-iringan bus yang mengangkut 76 napi tiba di dermaga Wijayapura. Selain mobil patwal Polda Lampung, tampak mobil polisi lain dan baracuda mengawal rombongan hingga sampai dermaga Wijayapura.

Setibanya di dermaga Wijayapura, 76 napi diperintahkan turun dari bus dan naik ke kapal Pengayoman II yang akan membawa ke dermaga Sodong, Nusakambangan. Satu per satu, napi turun dari bus dibawa menuju ke atas geladak kapal dengan kondisi mata tertutup dan tangan diborgol bergandengan. Tampak ada sejumlah napi yang berjalan tertatih-tatih. Selain mata tertutup, tampak seluruh napi yang dipindahkan mengenakan masker. Proses pemindahan napi tersebut berlangsung sekitar 15 menit.

Sekitar pukul 12.30 WIB kapal penyeberangan yang membawa 76 napi menyeberang menuju dermaga Sodong, Pulau Nusakambangan. Dari dermaga Sodong, para napi  tersebut selanjutnya ditransfer ke Lapas Kelas II A Karanganyar.

Saat dikonfirmasi wartawan, Kalapas Kelas I Batu High Risk Narkotika Nusakambangan, Erwadi Supriyanto mengatakan 76 napi yang dipindahkan ke Lapas Kelas II Karanganyar, Nusakambangan berasal dari sejumlah Lapas di Lampung.

Rinciannya, 50 napi berasal dari Lapas Kelas I Bandar Lampung, empat napi dari Rutan Kelas I Bandar Lampung, empat napi dari Lapas Narkotika Bandar Lampung, sembilan napi dari Lapas Kaliandar dan Lapas Gunung Sugih sebanyak sembilan napi.

Disebutkan, dari 76 narapidana itu,  42 orang diantaranya merupakan terpidana seumur hidup, 31 orang dengan hukuman diatas delapan tahun dan tiga orang sisanya merupakan terpidana mati. Dari jumlah sebanyak itu, 11 terpidana terjerat kasus pembunuhan, satu orang kasus pembunuhan dan 64 orang lainnya terpidana kasus narkoba.

"Mereka langsung ditempatkan di Lapas Highrisk dengan sistim one cell one man, yakni di Lapas Khusus Karanganyar. Saat ini jumlah penghuni 282 orang napi, ditambah penghuni baru sebanyak 76 orang, jadi totalnya 358 napi," ungkap Koordinator Kalapas se-Nusakambangan ini.

Terkait proses pemindahan puluhan napi di masa pandemi COVID-19, Erwedi menegaskan bahwa semuanya dilakukan dengan protokol kesehatan. Seperti yang dilakukan petugas dari Lapas Nusakambangan yang sudah mensterilisasi wilayah setempat dan melakukan penyemprotan desinfektan. Termasuk pengecekan kesehatan lainnya terhadap seluruh pihak yang menjalani proses pemindahan tersebut.

Berdasarkan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) pada DitjenPAS Kanwil Jawa Tengah per tanggal 27 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB tercatat jumlah napi dan tahanan penghuni Lapas di Nusakambangan sebanyak 2.113 orang. Jumlah sebanyak itu tersebar di delapan Lapas dengan kapasitas 2.077 napi.

Rinciannya, Lapas Kelas I Batu High Risk Narkotika kapasitas 96 terisi 90 napi, Lapas Kelas II A Besi kapasitas 365 terisi 314 napi, Lapas Kelas II A Kembangkuning kapasitas 275 terisi 397 napi. Berikutnya Lapas Kelas II A Pasir Putih  dengan kapasitas 124 baru terisi 69. Lapas Klas II A Permisan dengan kapasitas 221 terisi 469 napi, Lapas Narkotika Kelas II A dengan kapasitas 250 terisi 472 napi. Lapas Karanganyar dengan kapasitas 696 baru terisi 282 napi dan tahanan. Dan Lapas Terbuka Kelas II B dengan kapasitas 50 napi terisi 20 napi.