Sep
03
2014
Today

Cuaca Cilacap 3-9-2014

Cerah
Suhu : 22-280C
Angin : 5-27 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Sekda Cilacap : Jangan Menghujat Bupati!
Oleh Wagino   
Kamis, 18 Juni 2009 15:01

CILACAP, (Cimed) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cilacap mengingatkan kepada media dan lapisan masyarakat agar tidak menghujat Bupati Cilacap Probo Yulastoro yang saat ini statusnya sebagai tersangka sejumlah kasus dugaan korupsi.

“Statusnya Bupati kan baru tersangka belum terdakwa. Kita harus berpegang pada azas praduga tak bersalah, biarkan proses hukum berjalan,” kata Sekda saat dialog antara wartawan, Sekda, Humas, Dishub dan Kominfo serta Kesbanglinmas di Gedung Jala Tunda Setda Kabupaten Cilacap, Rabu (17/6).

Menurut dia, media bisa memberitakan Bupati Probo dengan bahasa yang santun. Dia mencontohkan, karena statusnya masih tersangka, dengan menambahkan kata diduga atau dugaan itu sudah cukup santun.

“Statusnya masih sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tapi ada saja yang memberitakan Bupati tersangka korupsi. Kalau sudah divonis sih mungkin tidak ada masalah,” terangnya tanpa menyebutkan media mana yang menuliskan seperti itu.

Dia menyayangkan adanya media yang menampilkan gambar bupati yang berdiri dibalik jeruji. Namun ia lagi-lagi tidak menyebutkan nama media yang memuat gambar tersebut.

Menurutnya, kita harus menjaga bagaimana perasaan pihak keluarga tersangka disaat proses hukum sedang berjalan.

“Pihak keluarga tentu sangat terpukul dengan kondisi semacam itu. Jadi kita juga harus bisa menjaga perasaan mereka,” ujarnya.

Untuk itu, dia minta tolong kepada media dan juga lapisan masyarakat agar tidak sampai menghujat, lebih baik serahkan kepada proses hukum yang sedang berjalan.

Selain, kata dia, pejabat sedang menjadi sorotan. Manakala media, lanjut dia, memberitakan kasus yang melibatkan pejabat, otomatis masyarakat yang membaca akan tergiring.

“Terlepas benar tidaknya berita yang dimuat. Dengan pemberitaan kasus yang melibatkan pejabat, imbasnya tentu koran jadi laris. Padahal menjadi tersangka belum tentu terbukti bersalah. Lebih baik konfirmasi dulu kepada yang bersangkutan, jangan hanya memberitakan dari satu sumber saja sehingga berita yang tersaji jadi balance,” bebernya.

Dia menambahkan, pejabat saat ini takut untuk melakukan korupsi, dan sudah bekerja sesuai dengan koridor yang ada. Namun bila suatu saat ternyata aparat hukum menemukan adanya penyimpangan, pejabat harus siap mengadapi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Cilacap, Probo Yulastoro, sejak 2 Juni 2009 ditahan di LP Kedungpane (Baca : Bupati Cilacap Akhirnya Ditahan Di LP Kedungpane). Bupati Probo tersangkut dugaan kasus korupsi APBD Cilacap 2004-2008 yang terdiri dari empat pos yang diselewengkan, diantaranya adalah penyimpangan pembayaran restribusi PT Pelindo III Cabang Tanjung Intan kepada Pemkab Cilacap 2004-2005.

Selain itu, korupsi dana operasional koordinasi pengendalian pendapatan daerah 2006, dan kasus penerimaan dana intensif pajak bumi dan bangunan (PBB) 2005-2006.

Selain Bupati Cilacap, Kejati Jateng juga menahan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Cilacap, Fajar Subekti (Senin, 25/5) karena tersangkut kasus korupsi yang sama.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Comments 

 
0 #30 ikut ikutan 2009-07-13 21:32
pak sekda jangan sok berlaga pahlawan bertopeng!!!,,, ,,,,,,,,,,,,,,, atau jangan jangan juga ikut-ikutan makan duit rakyat
udah ngaku ajah
Quote
 
 
0 #29 apa komentar benar2 sudah di moderasi?? 2009-07-13 02:11
bahasa yang digunakan dimohon lebih santun dengan memperhatikan kaidah dan norma yang berlaku ........
terima kasih
Quote
 
 
0 #28 dendam?? 2009-07-13 02:06
ada dendam apakah anda dengan pak supri??
sepertinya anda sangat kurang simpatik dengannya,,...?!
saya juga sempat membaca coment di beberapa media atas nama anda,mugi, yang isinya hal senada,
cenderung menjelek-jelekkan.........
dan sepertinya apakah anda teman lama pak supri??
saya pernah membaca anda teman STM nya bukan??
atau teman kos
Quote
 
 
0 #27 Demokrasi Bung 2009-07-06 17:43
kl memang bupati itu bisa memberikan bukti/ laporan keuangan yg jelas dan bertangung jawab tak mungkin ada kesalahan setelah ada tim audit, apa bupati ngga bisa kerja atau ada hal lain yg di mani pulasi, memang benar kl blm ada keputusan masi tersangka, tolong sekda cilacap yg terhormat ajarilah masyarakat cilacap cilacap untuk bisa berdemokrasi, jangan palahan kailan mengajaran pembodohan demokrasi.jangan2 kalian takut kalau semua akan kebongkar apa yg sebenarnya terjadi di kabupaten cilacap. saya kira masyarakat cilacap tidak lagi bodoh dan mudah percaya terhadap pejabat2 yg katanya pinter dan terhormat. inget bung zaman telah berubah informasi dan teknologi sudah berkembang pesat janganlah kalina bodoh masyarakatmu sendiri. kapan cilacap akan bisa maju kl di pimpin pejabat2 yg mentalnya seperti zaman cindirela.
Quote
 
 
0 #26 2009-07-05 02:52
SEKDA jangan ngomong asal ngomong semua yang terjadi adalah sesuatu yang sudah nyata jadi jangan di bikin kabur, masyarakat cilacap butuh informasi yang nyata, jadi kamu hai SEKDA jangan bikin orang cilacap menyantap berita yang bohong. kalau mau atur berita mending kamu atur pemerintahan saja biar ga ada yang korupsi lagi.......!!
Quote
 

Posting komentar anda