Nov
21
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Tekan DBD, Dinkes Cilacap Latih Kader Jumantik
Oleh Wagino   
Minggu, 15 Nopember 2015 21:22

CILACAP, (CIMED) - Beragam cara dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap untuk menekan jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD).Selain menggalakkan gerakan PSN (pemberantasan sarang nyamuk, red), kader-kader jumantik (juru pemantau jentik) juga dibentuk di masing-masing kelurahan.
“Kita sedang menggalakan gerakan PSN, utamanya di wilayah Kota. Dan masing-masing kelurahan sudah membentuk kader-kader jumantik. Nantinya, kader-kader jumantik tersebut melatih sampai ke tingkat dasa wisma,” kata Kepala Seksi Pengendalian Pemberantasan Penyakit Wabah dan Bencana pada Dinas Kesehatan Cilacap, Kuswantoro, Jum’at (13/11).

Disebutkan, tiap kelurahan jumlah kader jumantik yang sudah dilatih sebanyak 60 orang. Dari jumlah tersebut, masing-masing RW minimal memiliki dua orang kader jumantik.

“Jadi, kader-kader yang sudah dilatik nantinya menularkan ke warga lainnya dengan berbasis dasa wisma. Pelaku PSN sendiri adalah warga masyarakat, sedangkan kader jumantik sebagai supervisor. Setiap rumah diberi semacam formulir yang diisi oleh kader jumantik yang melakukan pengontrolan. Selanjutnya dilaporkan ke masing-masing kelurahan,” paparnya.

Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Cilacap, hingga minggu pertama bulan November tercatat sebanyak 1.015 kasus DBD dengan 10 diantaranya meninggal dunia.

Menurut Kuswantoro, kasus DBD menembus 1.000 itu terjadi dalam 10 tahun terakhir. Pada tahun sebelumnya hanya terjadi 447 kasus dengan lima orang penderita meninggal dunia.

Oleh karena itu, Kuswantor mengimbau kepada warga masyarakat melakukan PSN secara mandiri dengan bertanya kepada kader-kader jumantik yang telah dilatih. Selain itu PSN dilakukan secara serentak dan berkelanjutan.

“Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan, masyarakat diminta waspada. Apabila ada warga yang terindikasi kena deman berdarah agar segera dibawa ke rumah sakit,” pungkasnya.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda