Sep
26
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Tren Kasus DBD Menurun, Endemis Beralih Ke Wilayah Kecamatan
Oleh Wagino   
Rabu, 03 Pebruari 2016 17:39

CILACAP, (CIMED) - Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Cilacap di awal 2016 mengalami tren penurunan dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Selain itu, endemis DBD juga mengalami peralihan, dari sebelumnya di wilayah kota pada 2015 saat ini beralih ke wilayah kecamatan lain.
"Hingga akhir Januari 2016, penyakit DBD di Kabupaten Cilacap tercatat sebanyak 35 kasus. Satu orang diantaranya meninggal dunia," kata Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Wabah dan Bencana pada Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Kuswantoro, Rabu (3/2/2016).

Dia mengungkapkan, angka ini mengalami penurunan dibandingkan periode Januari 2015, yang saat itu tercatat 50 kasus DBD. Selain itu, kata dia, endemis DBD pada 2016 ini beralih ke wilayah kecamatan lain di luar wilayah eks-Kotip Cilacap. Bahkan, Desa Bulusari di Kecamatan Bantarsari dinyatakan berstatus Kejadian Luar Biasa atau KLB dengan catatan 5 kasus DBD.

"Disebut KLB karena di tahun sebelumnya wilayah ini tidak masuk data penyumbang kasus DBD," ungkapnya.

Selain Bantarsari, lanjut dia, sebaran  wilayah lain penyumbang DBD ada di Desa Bajing Kulon, Kecamatan Kroya, kemudian Desa Doplang, Kecamatan Adipala dan Kecamatan Jeruklegi.

"Sedangkan di wilayah kota hanya terpantau di Kecamatan Cilacap Utara," beber Kasi Seksi Pemberantasan Penyakit Wabah dan Bencana ini.

Disebutkan, upaya pemberantasan sarang nyamuk berbasis Dasawisma di wilayah eks-Kotip Cilacap berdampak positif, sehingga wilayah kota tidak lagi menjadi endemis DBD. Upaya ini, dia menambahkan, dilakukan dengan pelatihan kader juru pemantau jentik (Jumantik) di setiap kelurahan.

"Kader jumantik ini selanjutnya melakukan pemantauan di setiap Dasa Wisma," imbuhnya.

Berdasarkan data pada Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, selama 2015, angka DBD di Kabupaten Cilacap tercatat 1.057 kasus, dengan 12 diantaranya meninggal dunia. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2014 yang hanya terjadi 447 kasus dengan lima orang penderita meninggal dunia.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda