Okt
17
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
DB Mengganas, Pertamina Dan Dinkes Canangkan Gerakan PSN Berbasi Masyarakat
Oleh Wagino   
Senin, 24 Oktober 2016 19:22

CILACAP, (CIMED) – Pertamina Refinery Unit (RU) IV bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Cilacap mencanangkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) berbasis masyarakat, Senin (24/10/2016). Hal ini karena kasus demam berdarah dengu (DBD) di wilayah Kabupaten Cilacap masih terus mengganas. Tak tanggung-tanggung sejak awal tahun 2016 hingga Oktober tercatat 1.003 kasus, 13 diantaranya meninggal dunia.


Ketua panitia pencanangan PSN berbasis masyarakat, Teguh dalam laporanannya mengatakan, kegiatan ini dilatarbelakangi tindaklanjut dari gerakan siaga GADA. Dimana salah satunya adalah siaga terhadap demam berdarah. Dalam rangka siaga demam berdarah inilah, kasus demam berdarah di wilayah kabupaten Cilacap masih cukup tinggi khususnya di wilayah perkotaan. Oleh karena itu sudah selayaknya jika segera melaksanakan  pembasmian ini melalui gerakan PSN berbasis keluarga.

“Karena dengan PSN merupakan tindakan paling efektif. Kalau ada permintaan fogging dari masyarakat ini artinya sebagai indicator kegagalan penanganan PSN di wilayah Kabupaten Cilacap,” katanya, Senin (24/10/2016).

Dijelaskan, maksud dan tujuan kegiatan ini yakni mencanangkan gerakan PSN berbasis keluarga. Kemudian menjadikan PSN berbasis keluarga ini merupakan suatu kebutuhan atau budaya oleh masyarakat.

“Dan yang utama menurunkan angka kasus demam berdara di wilayah Kabupaten Cilacap pada umumnya khususnya Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah. Karena kasus tertinggi demam berdarah berada di Kelurahan Sidanegara, Cilacap Tengah,” jelasnya.

Seperti diketahui, sejak Januari 2016 hingga Oktober 2016 tercatat sebanyak 1.003 kasus demam berdarah, 13 diantaranya meninggal dunia. Dari jumlah sebanyak itu, Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah menjadi penyumbang terbesar.

Dalam kesempatan tersebut, General Manager Pertamina RU IV Nyoman Sukadana menyatakan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) RU IV Cilacap melakukan pencangan program ‘Pemberantasan Sarang Nyamuk Berbasis Masyarakat’ bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

“Pencanangan PSN berbasis masyarakat ini sebagai wujud kepedulian sosial dan komitmen Pertamina untuk turut berkontribusi dalam mengatasi permasalahan social di masyarakat lingkungannya,” katanya.

Lebih lanjut diterangkan, program ini diselenggarakan guna menanggulangi tingginya kasus demam berdarah yang terjadi di Kabupaten Cilacap khususnya wilayah Cilacap Tengah yang menjadi perhatian Dinas Kesehatan. Pertamina bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Cilacap melakukan upaya preventif dengan cara mengajak masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk serentak.

“Hal ini perlu dilakukan mengingat Kabupaten Cilacap merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai risiko terjangkitnya penyakit DBD dikarenakan wilayahnya berada dibawah 1.000 meter dari permukaan laut, memiliki jumlah penduduk padat dan mobilitas tinggi,” terangnya.

Nyoman menambahkan, kegiatan ini perlu dilakukan secara berkesinambungan sehingga didapatkan hasil nyata peningkatan kualitas kesehatan masyarakat agar terhindar dari penyakit demam berdarah.

Pencanangan gerakan PSN berbasis masyarakat yang digelar di Griya Patra Cilacap ini dihadiri GM Pertamina RU IV, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Dinas terkait dan jajaran manajemen Pertamina serta relawan.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda