Des
12
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Peringati Hari Buruh, 3.300 Pekerja Jalani Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Oleh Wagino   
Senin, 08 Mei 2017 23:23

CILACAP, (CIMED) - Sedikitnya 3.300 pekerja yang menjadi mitra kerja Pertamina Refinery Unit IV Cilacap menjalani pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar di gedung Patra Graha, Lomanis, Cilacap. Pemeriksaan kesehatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Buruh Internasional.


Senior Manager Operations and Manufacturing Pertamina RU IV Cilacap Dadi Sugiana menjelaskan, pemeriksaan kesehatan gratis diikuti 3.300 buruh atau mitra kerja Pertamina itu digelar sejak tanggal 2 Mei dan akan berakhir pada tanggal 7 Mei 2017.

"Kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan dalam rangka Hari Buruh Internasional. Kegiatan ditujukan agar para mitra kerja Pertamina dapat mengetahui kondisi kesehatan masing-masing karena jika dilaksanakan secara mandiri membutuhkan biaya yang cukup besar," jelas Dadi di sela-sela kegiatan pemeriksaan kesehatan di Gedung Patra Graha, Cilacap, Sabtu (6/5/2017).

Dikatakan, standar pemeriksaan kesehatan tersebut jauh lebih tinggi dari pemeriksaan kesehatan biasa. Layanan `check up` kesehatan yang dilaksanakan, lanjut dia, diberikan secara gratis.

"Jadi para pekerja mitra lebih tahu kondisi badannya dan bagaimana ke depannya. Biasanya kalau kita enggak `check up` darah, kita akan cuek. Jika telah cek darah, akan lebih menjaga kondisi kesehatannya," katanya.

Menurutnya, dengan adanya pemeriksaan kesehatan itu, Pertamina diuntungkan karena bisa lebih mengetahui tingkat kesehatan mitra kerja. Sementara bagi yang kesehatannya tidak begitu bagus, jangan diberikan pekerjaan berisiko tinggi.

"Sebetulnya hal itu bukan untuk menyeleksi, melainkan untuk menyesuaikan jenis pekerjaan dengan tingkat kesehatan mitra kerja. Pertamina banyak membutuhkan mitra kerja yang memiliki tingkat keterampilan tinggi," ujarnya.

Namun demikian, Pertamina juga harus tetap peduli dengan kondisi kesehatan setiap mitra kerja. Dicontohkan, yang kebugarannya rendah tidak boleh dipaksa kerja lembur. Pekerja harus cukup istirahat, kalau dipaksa lembur, kesehatannya akan semakin jatuh.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Marwoto mengatakan pemeriksaan kesehatan tersebut untuk mengetahui kondisi kesehatan mitra kerja apakah sehat atau tidak sehat. Sebab, lanjut dia, kalau pekerja sehat, perusahaan diuntungkan karena berarti produktivitasnya akan bagus.

Marwoto berharap Pertamina dapat menindaklanjuti jika ditemukan mitra kerja yang kondisi kesehatannya kurang bagus. Sebab, kata dia, mitra kerja yang kondisi kesehatannya kurang bagus karena berpenyakit akan berdampak pada penurunan produktivitas kerjanya.

"Agar produktivitasnya bagus, tentunya harus ditindaklanjuti dengan pengobatan-pengobatan," pungkasnya.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda