Sep
26
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
30 Persen Penderita HIV/AIDS Berasal Dari Kalangan Pekerja Industri
Oleh Wagino   
Selasa, 12 September 2017 18:38

CILACAP, (CIMED) - Penderita virus mematikan Human Immunodeficiency Virus (HIV)-AIDS di Cilacap terus meningkat, termasuk yang berasal dari kalangan pekerja di sektor perusahaan dan industri. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 30 persen dari jumlah 960 orang penderita HIV-AIDS (ODHA) di Cilacap.


Kondisi itu membuat Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap menyelanggarakan Workshop Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HA) di tempat kerja, yang digelar di Gedung Patra Graha, Cilacap, Selasa (12/9/2017).

Senior Manager Operation and Manufacturing Pertamina RU IV, Yosua Nababan mengatakan kegiatan workshop ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Pertamina terhadap HIV-AIDS khususnya dalam dunia perindustrian di Cilacap.

“Mayoritas penderita penyakit HIV-AIDS merupakan usia produktif dan pekerja di perusahaan atau pun industri. Untuk itu tempat kerja merupakan tempat yang strategis untuk melakukan intervensi pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS,” kata Yosua, Selasa (12/9/2017).

Dikatakan, acara ini merupakan buah kerjasama antara Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Cilacap, serta Pemerintah KabupatenCilacap melalui Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Kesehatan. Sedangkan peserta workshop berasal dari kalangan industri di Cilacap, baik dari BUMN, BUMD, perusahaan swasta, hingga Rumah Sakit.

Ditambahkan, pada tahun 2016 dan 2017, Pertamina RU IV Cilacap berturut-turut mendapatkan penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia sebagai perusahaan yang melaksanakan program Pencegahandan Penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja.  

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji selaku ketua KPA Kabupaten Cilacap mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Pertamina yang telah menginisiasi pelaksanaan workshop dan program P2HA lainnya di Cilacap.

“Pemerintah Kabupaten Cilacap berharap melalui acara workshop ini, nantinya perusahaan-perusahaan lainnya bisa mengikuti langkah Pertamina untuk membuat program P2HA di tempatnya masing-masing,” kata Tatto.

Sementara itu, berdasarkan data KPA Kabupaten Cilacap, sampai dengan Juni 2017 jumlah ODHA mencapai 960 orang. Dari jumlah ODHA sebanyak itu, sekitar 30 persen merupakan pekerja dari sektor perusahaan/industri.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda