Agu
14
2020
Today
Cuaca Cilacap 03-08-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Sempat Melandai, Kasus Positif COVID-19 di Cilacap Kembali Melonjak
Oleh Wagino   
Selasa, 21 Juli 2020 21:05

CILACAP, (CIMED) - Penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Cilacap kembali melonjak setelah sebelumnya sempat melandai. Pada Selasa (21/7/2020), Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Cilacap mengumumkan penambahan tujuh kasus.


Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Farid Ma'ruf selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengatakan sejak tanggal 14 sampai dengan 20 Juli 2020 jumlah kasus yang dinyatakan positif COVID-19 sebanyak tujuh orang berdasarkan hasil laboratorium yang diterima.

"Tujuh orang yang dinyatakan positif terdiri dari satu orang beralamat di Kecamatan Cimanggu, satu orang di Jeruklegi, satu orang di Gandrungmangu dan empat orang beralamat di Kecamatan Cilacap Tengah," kata Sekda Cilacap dalam rilis perkembangan kasus COVID-19, Selasa (21/7/2020).

Selain itu pihaknya juga menerima hasil laboratorium kasus COVID-19 yang menyatakan tiga orang dinyatakan sembuh. Yaitu satu orang beralamat di Kecamatan Wanareja dan dua orang di Cimanggu.

"Sedangkan kasus suspek yang dinyatakan negatif COVID-19 sebanyak empat orang. Rinciannya satu orang beralamat di Kecamatan Cimanggu dan tiga orang di Kecamatan Cilacap Utara," ungkapnya.

Jadi, lanjut Farid, saat ini jumlah kasus konfirmasi COVID-19 sebanyak 75 orang dengan rincian 65 sembuh, sembilan dalam perawatan dan satu meninggal.

"Jika dihitung dengan persentase maka angka kesembuhan COVID-19 di Kabupaten Cilacap adalah 86,67%, dan angka kematiannya adalah 1,33 %. Jumlah kasus suspek saat ini sebanyak empat orang dan kontak erat 33 orangm," bebernya.

Dia kembali menekankan, agar masyarakat Cilacap dihimbau tetap displin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Jaga jarak, hindari kerumunan, selalu memakai masker, selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Semoga wabah pandemi COVID-19 segera berakhir.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Banyumas Ekspres khusus empat orang di Kecamatan Cilacap Tengah yang terkonfirmasi positif COVID-19 berada di Kelurahan Gunung Simping.

Awalnya pada Minggu (19/7/2020) satu orang pasien terkonfirmasi positif, yakni laki-laki warga Jalan Jawa Kelurahan Gunung Simping, yang memiliki riwayat perjalanan dari Surabaya. Saat pulang ke Cilacap dirinya bekerja di salah satu BUMN ini datang ke beberapa tempat, diantaranya lokasi sebuah hotel di Jalan Gatot Subroto yang sedang dibangun. Ada sekitar sembilan orang pekerja bangunan yang kontak, baik secara langsung maupun tidak.

Diketahui, istri pasien tersebut, juga belakangan terkonfirmasi positif COVID-19, termasuk pembantu dan penjaga rumahnya. Sehingga seluruh pekerja bangunan yang sudah kontak juga dilakukan uji swab.