Okt
01
2014
Today

Cuaca Cilacap 3-9-2014

Cerah
Suhu : 22-280C
Angin : 5-27 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Terima Remisi, 14 Napi Langsung Bebas Melenggang
Oleh Wagino   
Rabu, 17 Agustus 2011 16:55

PURBALINGGA, (CIMED) - HUT RI ke-66 yang jatuh pada 17 Agustus 2011 hari ini, membawa berkah bagi sebagian narapidana yang menghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Purbalingga (Jateng). 47 napi mendapat kado istimewa berupa remisi umum. Remisi ini diberikan kepada warga binaan pada hari peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI.

14 napi secara langsung mendapatkan remisi umum II atau langsung bebas dan 33 sisanya mendapat remisi umum I atau pengurangan hukuman satu bulan hingga 3 bulan. Dari 47 napi tersebut empat napi mendapatkan remisi 3 bulan, delapan napi remisi 2 bulan dan 35 napi remisi satu bulan. Sementara itu sejumlah napi dan tahanan lainnya tidak mendapatkan remisi karena tidak memenuhi syarat.

“Yang mendapat remisi umum I jumlahnya 33 napi. Terdiri dari remisi satu bulan 25 napi, dua bulan 6 napi dan remisi tiga bulan 2 napi. Yang langsung bebas 14 napi masing-masing mendapat remisi satu bulan ada 10 napi dan empat napi lainnya masing-masing mendapat remisi dua bulan dan tiga bulan,” ungkap Kepala Rutan Purbalingga Herman Sawiran, Rabu (17/8/2011).

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko menyebutkan pemberian remisi jangan dianggap sebagai suatu bentuk kemudahan – kemudahan bagi warga binaan pemasyarakatan untuk cepat bebas, akan tetapi pemberian remisi harus dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri dan memotivasi diri sehingga dapat mendorong warga binaan kembali memilih jalan kebenaran.

“Pemberian remisi dimaksud hendaknya dapat dijadikan semangat dan tekad bagi warga binaan untuk mengisi hari – hari bebasnya dengan memperbanyak karya dan cipta yang bermanfaat bagi sesame. Sekaligus sebagai persiapan diri dengan kesungguhan hati untuk tidak melanggar hukum lagi sehingga akan sangat mendukung dan menunjang keberhasilan Saudara dalam berintegrasi dengan masyarakat tempat dimana Saudara akan kembali” ucap Heru.

Seperti diketahui Remisi akan diberikan pemerintah kepada seorang narapidana setelah dia menjalani 6 bulan masa tahanan. Disamping itu salama masa pembinaan, narapidana berkelakuan baik dan tidak melanggar tata tertib Rutan. Remisi ini diatur di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Saat ini, jumlah penghuni Rutan Purbalingga berjumlah 162 orang, terdiri 67 napi dan 95 orang tahanan (belum sidang). Dari jumlah itu, terdapat 2 napi dan lima tahanan wanita.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda