Okt
02
2014
Today

Cuaca Cilacap 3-9-2014

Cerah
Suhu : 22-280C
Angin : 5-27 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Musim Kemarau, Warga Desa Ciberung Antri Air Bersih
Oleh Wagino   
Minggu, 11 September 2011 18:01

BANYUMAS, (CIMED) – Warga di tiga dusun di Desa Ciberung, Kecamatan Ajibarang mulai kesulitan air bersih. Pasalnya sumur milik mereka mulai kering akibat musim kemarau. Untuk mendapatkan air bersih, warga terpaksa harus mengantri ke sumber mata air.

Setiap kali musim kemarau datang, warga di tiga dusun di Desa Ciberung selalu mengalami krisis air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan masak, mandi dan cuci, warga gerumbul Kalikesik, Sentong dan Dorang Dampit terpaksa mengandalkan sumber mata air di sungai yang berjarak sekitar tiga kilometer. Dari sumber mata air kemudian disalurkan menggunakan selang ke tengah pemukiman warga.

Warga pun berduyun-duyun dengan membawa ember dan jerigen membuat antrean.  Mereka menunggu giliran mengisi air melalui selang kecil dari sumber mata air.

Menurut, Sutirah, warga  Kalikesik, untuk kebutuhan masak dan air minum ia rela mengantri sebab sumur dirumah sudah mulai kering.

“Sumur dirumah masih ada airnya sedikit, tapi kotor karena dangkal,” ujar Sutirah, Minggu (11/9/2011).

Hal senada juga dikatakan Sono, warga dusun Sentong, apabila kekeringan berkepanjangan maka ia harus mencari air ke tempat lain meski resikonya harus antri.

Menurutnya, meski sebagain warga Desa Ciberung sudah lama kesulitan air bersih, namun hingga saat ini belum ada bantuan pasokan air dari Pemerintah Kabupaten Banyumas.  Ia berharap di desanya segera dibangun jaringan air bersih, sehingga ketika musim kemarau tiba tidak lagi kesulitan air.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda