Okt
22
2014
Today

Cuaca Cilacap 3-9-2014

Cerah
Suhu : 22-280C
Angin : 5-27 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Tanggul Jebol, Ribuan Hektar Sawah Terancam Gagal Tanam
Oleh Wagino   
Minggu, 01 April 2012 20:19

BANYUMAS, (CIMED) - Ribuan hektar areal sawah di empat kecamatan di Kabupaten Banyumas terancam gagal tanam, setelah tanggul irigasi di wilayah itu jebol akibat debit air yang terlalu tinggi, Minggu (1/4/2012). Tanggul tersebut jebol selebar 50 meter dan menggerus tanah hingga sedalam 30 meter.

Tanggul yang jebol selebar 50 meter itu terbuat dari beton dan pasangan batu. Kondisi tanggul terlihat menganga. Seluruh air irigasi mengering karena air terbawa tanggul yang jebol. Padahal tanggul tersebut menjadi tumpuan petani yang tersebar di empat kecamatan yakni Kecamatan Ajibarang, Wangon, Jatilawang dan Rawalo

Menurut Kusmadi, warga setempat, tanda-tanda akan jebolnya tanggul saluran irigasi yang mengairi areal persawahan di empat kecamatan itu sudah telrihat sejak beberapa hari lalu.

Sebelum benar-benar jebol, petani setempat sudah berulang kali melaporkan kejadian ini, namun tidak respon dari dinas terkait. Sehingga, saat debit air yang terlalu tinggi, ditambah kondisi tanah yang labil tanggul irigasi tak mampu menahan hingga akhirnya jebol. Kondisi ini kontan merugikan ribuan petani yang menggantungkan air dari irigasi sungai tajum ini.

Tidak hanya membuat saluran irigasi menjadi mengering, longsoran tanggul dan tanah lumpur yang hanyut terbawa air menimpa areal persawahan warga. Padahal sebagian areal persawahan di empat wilayah kecamatan ini sudah memasuki masa tanam. Bahkan semaian bibit tanaman padi yang siap tanam pun tak luput tertimpa lumpur. Kondisi ini membuat petani mengalami kerugian yang cukup besar. Para petani meminta pemerintah segera segera memperbaiki tanggul saluran irigasi yang jebol itu.

Secara terpisah, Toto Raharjo dari Balai Serayu mengatakan penanganan tanggul jebol itu akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk penanganan sementara pihaknya akan segera memasang bronjong dilokasi tanggul yang jebol.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda