Jul
23
2014
Today

Cuaca Cilacap 21-7-2014

Hujan
Suhu : 24-310C
Angin : 5-27 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
PT KAI Terapkan Pemesanan Tiket KA Kelas Ekonomi Berbasis Internet
Oleh Wagino   
Kamis, 03 Mei 2012 18:40

PURWOKERTO, (CIMED) - Guna meningkatkan pelayanan bagi penumpang khususnya kelas ekonomi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan perubahan sistem ticketing pada KA kelas Ekonomi. Jika sebelumnya sistem online ticketing hanya bisa diakses di loket-loket stasiun, dalam waktu dekat diganti dengan RTS (Rail Ticketing System), yakni sistem ticketing baru berbasis Internet.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi  (PT KAI Daop) V Purwokerto, Surono dalam siaran persnya yang diterima redaksi CILACAPMEDIA.com, Kamis (3/5/2012) mengatakan, pada sistem RTS ini mesin tiket terintregasi dengan perbankan dan terkoneksi dengan jaringan outlet ticketing diluar stasiun.

“Sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan tiket KA. Hal ini telah dilakukan dan berhasil dengan baik pada sistem ticketing KA Kelas Komersial (Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi AC)," tulis Surono.

Selain itu, lanjut dia, dengan sistem yang baru ini dimungkinkan akan dikembangkan penerapan barcode pada tiket kereta api.

Secara rinci Surono menyebutkan, perubahan sistim ticketing KA Ekonomi dari sistem ticketing lama ke sistem baru akan dilaksanakan dalam 4 (empat) tahap, yaitu:

Tahap I, akan dimulai pada tanggal 9 Mei 2012 untuk KA  Kertajaya (Tanjungpriuk- Surabaya Pasarturi), KATawangjaya (Semarang Poncol- Pasarsenen), dan KA Tegal Arum (Jakarta- Tegal).

Tahap II, direncanakan akan dimulai tanggal 15 Mei 2012 untuk KA  Pasundan (Surabaya Gubeng- Kiaracondong), KA Kahuripan (Kediri- Padalarang), KA Kutojaya Selatan (Kutoarjo- Kiaracondong), KA Serayu Pagi/ Malam (Kroya- Jakarta).

Tahap III, akan dimulai tanggal 23 Mei 2012 untuk KA Gaya Baru Malam Selatan (Surabaya Gubeng- Jakarta), KA Bengawan (Solo Jebres- Tanahabang), KA Progo (Lempuyangan- Pasarsenen) dan KA KutojayaUtara (Kutoarjo- Tanahabang).

Tahap IV, direncanakan tanggal 30 Mei 2012 untuk KA Sritanjung (Banyuwangi- Surabaya Gubeng- Lempuyangan), KA Logawa (Purwokerto- Surabaya Gubeng- Jember), KA Tawangalun (Banyuwangi- Malang Kotalama), KA Matarmaja ( Malang- Pasarsenen) dan KA Brantas (Kediri- Tanahabang).

Dijelaskan, apabila pergantian sistem ticketing sudah berjalan sesuai tahapan tersebut, nantinya calon penumpang bisa memesan tiket KA Ekonomi  dalam waktu 90 hari sebelum keberangkatan (H- 90).

“Selain itu tiket KA Ekonomi juga bisa dipesan tidak hanya di stasiun, tapi di seluruh jaringan outlet tiket KA, seperti Contact Center 121, agen resmi tiket KA, kantor pos online, Indomaret dan Alfamart, sama seperti  yang sudah berlaku pada tiket KA Komersial saat ini,” jelasnya.

Sehubungan dengan proses peralihan (migrasi) dari sistem ticketing lama ke sistem yang baru, lanjut dia, manajemen PT KAI (Persero) memohon maaf apabila ada ketidak nyamanan dalam pelayanan pembelian tiket kereta api di stasiun-stasiun yang telah disediakan.

Dia menambahkan, selain perubahan sistim ticketing KA Ekonomi, peningkatan pelayanan yang sudah diterapkan selama ini akan tetap diberlakukan yakni pembelian tiket sesuai dengan identitas diri (satu tiket untuk satu penumpang), pembatasan kapasitas angkut 100% dan boarding pass.

“Termasuk larangan merokok dan larangan pedagang asongan berjualan di dalam KA,” imbuhnya.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Comments 

 
0 #5 mengurangi korup 2012-10-17 18:04
Bagus tuh untuk mengurangi pembayaran di atas ka masinis nakal..........
Quote
 
 
0 #4 Kereta Api Nyaman 2012-06-28 09:26
kalau sistem ini dijalankan betapa senangnya hatiku...ngak beli karcis berdesak desakan..dan yang lebih penting bisa mengurangi spekulasi calo...aku kan pelanggan kereta api tiap minggu pulang...
LANJUTKAN PROGRAMNYA PAK...SAYA DUKUNG....
Quote
 
 
0 #3 mau naik kereta 2012-05-28 15:41
mau naik kereta aja nungu dapat keberuntungan untuk bisa beli tiket sekalinya ada yg nawarin harganya bisa 3x lipat padahal kelas ekonomi
Quote
 
 
0 #2 Apanya yang bagus?? 2012-05-08 17:57
PT,KAI,,,,
Bagaimana sistem seperti itu bisa mencegah calo?

Bagaimana mungkin orang yang sudah mengantri dari Jam4
(loket buka jam 8)
tapi baru 5 pembeli, tiketnya langsung habis...

Pada kemana itu tiket??
Apalagi mau pake sistem ky gitu...
Dijamin Calo masih bisa bebas memborong tiket.

Menurut saya hal ini dikarenakan ada pembatasan jumlah penumpang, tapi PT.KAI tidak menambah jumlah gerbong dan armada keberangkatan.
Penumpang serasa dipaksa untuk membeli di calo
(berbuat kejahatan = dosa)

Mau tau buktinya??silahkan besok datang ke stasiun Lempuyangan Jogjakarta tanggal 09 mei 2012, atau ke stasiun2 terdekat(khusus kereta ekonomi).
Mari kita amati penjualan tiket disana
(karena 7 hari kedepan ada libur panjang, calo pasti akan beroperasi dengan sadis besok)
Sudah banyak keluhan, dan ada yang melalui media lokal, tapi nampaknya belum ada perubahan.

Mari Kita Kawal bersama reformasi birokrasi dan kinerja PT.KAI
Salam,
Quote
 
 
0 #1 kesampainm juga 2012-05-05 12:14
wach trima kasih banyk kepada seluruh jajaran karyawan pjkai yg slama ini dah bekrja keras di seluruh area stasiun dan dalam kereta, krna skrng kereta jauh lebih enk di banding taun2 sebelmnya, sesak,pengap,ga k mati di gerbong dah untung.( untuk kelas ekonomi.)
Quote
 

Posting komentar anda