Okt
20
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Hasil Pileg 2014, Keterwakilan Perempuan Di DPRD Meningkat
Oleh Wagino   
Senin, 21 April 2014 17:36

PURBALINGGA, (CIMED) – Mencermati hasil pemilihan legislatif (Pileg) 9 April lalu, dipastikan keterwakilan kaum perempuan di lembaga legislatif DPRD Purbalingga meningkat dibanding keanggotaan periode yang lalu. Hal ini disampaikan Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto saat peringatan Hari Kartini ke-135 tingkat Kabupaten Purbalingga, di Pendapa Dipokusumo, Senin (21/4/2014).


“Kata ketua (Pak Tasdi), kursi perempuan di DPRD Purbalingga akan meningkat. Kalau periode lalu hanya 10 kursi, periode ini bertambah menjadi 12 kursi. Selamat kepada Bu Tasdi yang ikut menambah kursi perempuan di legislatif kita,” kata Sukento.

Menurut Bupati, bertambahnya keterwakilan perempuan di dunia politik, menunjukan perjuangan kaum perempuan di Purbalingga sangat luar biasa. Kaum perempuan semakin memiliki kesempatan mengaktualisasikan dirinya menjadi Kartini – Kartini Purbalingga, untuk menyongsong Indonesia Emas 2025.

“Semakin banyaknya kaum perempuan yang berkiprah di lembaga legislatif, mampu menyalurkan lebih banyak aspirasi kaum wanita. Mudah-mudahan kita bisa berjuang bersama memakmurkan masyarakat Purbalingga,” harap Bupati.

Bupati menambahkan, tantangan Purbalingga kedepan adalah memajukan kaum perempuan agar semakin mampu berkiprah dalam pembangunan masyarakat. Saat ini, lanjut Bupati, kaum perempuan kita banyak yang bekerja dalam sektor bulu mata palsu dan rambut palsu.

“Ini perlu ditingkatkan agar lebih maju. Tidak hanya menjadi pekerja, tapi mampu memiliki usaha sendiri dan menjadi penopang pendidikan keluarga,” tandasnya.

Senada dengan Bupati, Ketua Tim Penggerak PKK yang juga penasehat GOW Purbalingga Hj Erna Sukento juga menegaskan bahwa peran kaum perempuan sangat diperlukan dalam membangun masyarakat yang maju, sejahtera dan berahlak mulia.

“Saya sangat berterima kasih kepada para kader perempuan di berbagai bidang seperti PKK , organisasi wanita dan lainnya.  Termasuk para wanita yang bergerak disektor informal, para bakul bubur, para pengusaha kuliner, perajin dan semua perempuan yang telah mampu berkiprah dalam membantu perekonomian keluarga,” katanya.

Erna Sukento juga mengingatkan kaum perempuan agar tidak melupakan jati dirinya sebagai ibu rumah tangga dan pendidik putra-putrinya di rumah.

Peringatan Hari Kartini yang digerakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Purbalingga, dimeriahkan dengan penampilan orkes keroncong wanita Nadya Dewi, Peragaan Busana Harpri, dan persembahan tarian tradisional.

Kesempatan tersebut, diberikan hadiah kepada para juara lomba dalam rangka peringatan Hari Kartini, yakni lomba wanita inspiratif, lomba spontanitas busana Kartini Jawa dan busana Kartini muslim. Selain itu juga diberikan bantuan kepada lima bakul bubur sumsum yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Festival Bubur Sumsum, Minggu (20/4/2014).