Okt
20
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Asyik…, Ada 1.000 Lowongan Untuk Sarjana
Oleh Wagino   
Minggu, 27 April 2014 18:44

PURBALINGGA, (CIMED) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka kesempatan kepada pemuda sarjana untuk membangun desa melalui Program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan (PSP3). Secara nasional dibutuhkan 1.000 orang sarjana unggul yang akan ditempatkan di 500 Desa, 251 Kecamatan, 66 Kabupaten di 33 Provinsi.


Kepala Bidang Pemuda & Olah Raga pada Dinbudparpora Kabupaten Purbalingga Drs Benny Wiratno mengatakan, berdasarkan pengumuman Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Jateng nomor 427/421 tertanggal 22 April 2014, pendaftaran program PSP3 dibuka mulai 24 April hingga 10 Mei 2014. Pendaftaran online melalui website dinpora.jatengprov.go.id.

“Setelah mendaftar secara online, berkas lamaran ditujukan kepada Menteri Pemuda dan Olah Raga RI di Jakarta. Untuk pendaftar Jateng berkas lamaran dikirim kepada Kepala Bidang Kepemudaan Dinpora Jateng d/a Aula Muria Komplek Badan Diklat Pemprov Jateng Jalan Setiabudi nomor 201 A Srondol Semarang,” jelas Benny, Minggu (27/4/2014).

Benny menjelaskan, persyaratan administrasi bagi pendaftar yakni sarjana S-1 semua jurusan (melampirkan focopy ijazah dan transkrip nilai dilegalisir), usia maksimal 26 tahun (bukti fotocopy KTP, fotocopy akte kelahiran dilegalisir), kemudian surat keterangan belum menikah dari kepala desa/lurah, Surat Keterangan Berkelakuan Baik, dibuktikan dengan SKCK dari kepolisian setempat, Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit/Puskesmas, sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Pemerintah, Surat Pernyataan belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa kontrak PSP3 diketahui Orang Tua (materai Rp. 6.000,-).

Kemudian Surat Pernyataan tidak terikat kontrak sebagai pegawai di instansi pemerintah maupun swasta (materai RP. 6.000,-), Surat Pernyataan tidak melamar jadi PNS selama masa kontrak (materai Rp. 6.000,-), Surat Pernyataan tidak melanjutkan kuliah selama masa kontrak (materai Rp.6.000,-). Pendaftar juga memiliki pengalaman berorganisasi, mempunyai kemampuan menulis serta mendokumentasikan laporan, belum pernah mengikuti Program SP3 maupun PSP3 yang dibiayai APBN, bersedia menandatangani kontrak, bersedia ditempatkan di desa lokasi penugasan di seluruh Indonesia serta pas foto berwarna 3x4 cm sebanyak 2 lembar.

“Tahapan seleksi meliputi seleksi administrasi, seleksi tertulis dan wawancara. Calon peserta program PSP3 angkatan XXIV tahun 2014 yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tahapan seleksi tertulis dan wawancara,” jelas Benny.