Des
12
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
161 Pecatur Bertarung Di Kejuaraan Catur Cepat “Pertamina Open” 2012 Cetak
Oleh Wagino   
Minggu, 09 Desember 2012 18:31

CILACAP, (CIMED) – Sebanyak 161 pecatur dari berbagai daerah se Jawa Bali bertarung pada ajang Kejuaraan Catur Cepat “Pertamina Open” 2012 yang digelar di Gedung Patra Graha, Komplek Pertamina Lomanis Cilacap, Minggu (9/12/2012). Event ini diramaikan pecatur bergelar Master Fide (MF) yakni Johan Gunawan asal Jakarta dan 27 pecatur bergelar MN, MP dan MNW.


Ketua panitia penyelenggara Kejuaraan Catur Cepat “Pertamina Open” 2012 Syahrul Anwar mengungkapkan, kejuaraan ini merupakan rangkaian kegiatan dari BAPOR PERTAMINA seksi catur yang bekerjasama dengan Pengkab Percasi Cilacap dalam rangka HUT Pertamina ke-55.

“Even ini sebagai suatu partisipasi pembinaan atlet catur di Kabupaten Cilacap dan tingkat Jawa Tengah pada umumnya. Kejuaran ini nantinya akan diadakan setiap tahun,” ujar Syahrul, Minggu (9/1/2012) di Gedung Patra Graha, Komplek Pertamina Lomanis Cilacap.

Disebutkan, awalnya target peserta hanya 100 orang yang terdiri dari 60 peserta dari Kabupaten Cilacap dan 40 berasal dari luar daerah.

“Namun ternyata animo masyarakat penggemar catur di Kabupaten Cilacap dan daerah lain begitu besar. Bahkan merembet hingga provinsi lain di Pulau Jawa dan Bali. Jumlah peserta yang terdaftar dalam kejuaraan ini sebanyak 161 peserta,” bebernya.

Tak hanya itu, lanjutnya, sejumlah pecatur berkwalitas juga turut ambil bagian dalam kejuaraan ini, diantaranya Master Fide asal DKI Jakarta yakni Johan Gunawan. Termasuk 27 pecatur bergelar Master Nasional (MN), Master Percasi (MP) dan Master Nasional Wanita (MNW).

Masih kata Syahrul, even yang kembali digelar setelah vakum selama 10 tahun ini memperebutkan piala bergilir GM Pertamina dengan total hadiah senilai Rp 8,2 juta. Sementara pertandingannya menggunakan Sistem Swiss Perfect 98.

Dia berharap dengan adanya kejuaraan catur ini akan memunculkan atlet catur berbakat serta meningkatkan gairah berlatih para pecinta olahraga catur di Kabupaten Cilacap. Selain itu kualitas pecatur Cilacap akan meningkat karena memperoleh pengalaman bertanding.

Sementara itu General Manager Pertamina RU IV Cilacap, Teuku Khaidir saat membuka Kejuaraan Catur Cepat “Pertamina Open” mengatakan, kejuaraan ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-55 Pertamina.

“10 tahun yang lalu even ini pernah berjalan, namun kemudian vakum. Sekarang digelar kembali, selanjutnya akan digelar rutin setiap tahun,” kata GM.

Menurutnya, permainan catur memiliki manfaat yang luar biasa yang seharusnya dapat diterapkan dalam kehidupan manusia. Catur merupakan permainan yang mulia karena pemain catur melindungi rajanya dari ancaman musuh, luar biasa.

“Dalam kehidupan kita filosofi itu harus dibawa, tidak hanya saat main catur," katanya.

Selain itu, kata GM, pemain catur juga harus bisa meningkatkan daya saing dalam berbisnis karena konsumen adalah raja. Bahkan, lanjutnya, permainan catur sangat efektif untuk meningkatkan fungsi memori sehingga tidak mudah lupa meskipun sudah tua.

”Banyak sekali manfaat dari catur karena bisa meningkatkan kecerdasan, kepercayaan diri, melatih disiplin, juga bisa mengambil keputusan dengan cepat,” ujarnya.

Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Cilacap, Handoyo Wibowo mengatakan, olahraga catur di Cilacap dalam tiga tahun terakhir mengalami kemajuan yang cukup pesat, terutama pada atlet juniornya.

Pihaknya menyambut baik adanya kejuaraan ini sehingga diharapkan akan menambah pengalaman bertanding bagi para atlet catur Cilacap, terutama atlit junior.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda