Sep
28
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Jetski Ramaikan Teluk Penyu  E-mail
Oleh Wagino   
Minggu, 26 Desember 2010 21:29

CILACAP, (CIMED) – Pantai Teluk Penyu masih menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan domestik pada saat musim liburan. Untuk menjaga agar pengunjung tidak menurun, pengelola pun terus berupaya meningkatkan kenyamanan. Termasuk menambah sarana rekreasi di kawasan pantai untuk memanjakan pengunjung. Salah satunya yakni dengan menghadirkan wisata air berupa Jetski.

“Kami sudah lama menawarkan kerjasama kepada investor untuk menambah sarana wisata air seperti jetski dan semacamnya. Tapi baru kali ini terwujud,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Indro Cahyono saat ditemui CILACAPMEDIA.com ditemui usai mencoba jetski bibir pantai Teluk Penyu.

Dikatakan, jetski ini untuk melengkapi sarana rekreasi yang sudah ada di kawasan obyek wisata Teluk Penyu dan Benteng Pendem.

“Sewa jetski ini baru dibuka pada tanggal 20 Desember kemarin. Saat ini masih tahap pengenalan pada wisatawan,” katanya.

Menurutnya, kehadiran jetski di Pantai Teluk Penyu selain untuk olahraga air sekaligus menjadi rekreasi yang menantang bagi pengunjung.

“Jetski adalah salah satu cara paling menantang untuk menikmati keindahan pantai Teluk Penyu,” ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya jetski mampu memanjakan pengunjung yang datang kesini. Sehingga pengunjung baik dari lokal maupun luar Cilacap akan datang lagi kesini dengan membawa anggota keluarga atau juga kerabat yang lain.

Sementara itu, Miskun (33) pengelola “Randoan” Water Sports menuturkan, usaha sewa yang digelutinya ini merupakan spekulasi setelah berguru di Pengandaran.

“Di Pengandaran usaha seperti ini menguntungkan karena wisatawan yang naik jetski banyak. Makanya saya beranikan diri membuka usaha sewa jetski disini,” tuturnya.

Menurutnya, sejak pertama kali dibuka sudah banyak pengunjung baik lokal Cilacap maupun wisatawan luar daerah yang menghampiri standnya.

“Mungkin karena masih takut dan tarifnya relatif mahal jadi banyak pengunjung yang belum berani mencoba,” ujarnya.

Padahal, kata dia, tarif yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding di tempat lain seperti Pangandaran.

“Sewa jetski disini lebih murah ketimbang daerah lain. Kalau di Pangandaran tarifnya bisa Rp 250 ribu per 15 menit, disini kita tawarkan Rp 150. Karena masih promosi, sekarang kita diskon menjadi Rp 100 ribu untuk dua orang penumpang,” terangnya.

Selain menyediakan jetski, Miskun juga menyediakan donut dan banana boat. Keduanya ditarik dengan sebuah boat yang bermesin 40 PK.

“Donut boat bisa untuk dua orang, sewanya Rp 75 ribu per 15 menit. Sedang banana boat bisa lima sampai sepuluh orang. Tarif naik banana per 15 menit cukup Rp.30 ribu per orang,” jelasnya.

Dia menambahkan, setiap pengunjung yang hendak naik jetski, donut boat dan banana boat disediakan pelampung.

“Selain disediakan pelampung, kami juga menyiapakan pemandu agar keselamatan terjamin,” imbuhnya.