Okt
17
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim
Wisatawan Pantai Selatan Diminta Waspadai Gelombang Tinggi
Oleh Wagino   
Kamis, 31 Juli 2014 19:18

CILACAP, (CIMED) - Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Gelombang tinggi di laut Selatan mencapai 3 meter.
Prakirawan BMKG Cilacap Feriharti Nugrohowati, Kamis (31/7/2014), mengatakan, gelombang tinggi berpeluang terjadi pada 31 Juli hingga 2 Agustus mendatang.

“Gelombang 1,25-2,50 meter berpeluang terjadi di sepanjang pantai selatan Cilacap hingga Yogyakarta dengan kecepatan angin 5-18 knots yang bertiup dari arah Timur hingga Tenggara,” paparnya.

Sedangkan, tinggi gelombang 1,50 – 3,00 meter berpeluang terjadi di perairan Samudra Hindia selatan Cilacap hingga Yogyakarta dengan kecepatan angin berkisar 18-22 knots yang bertiup dari arah Timur hingg Tenggara.

BMKG mengimbau, para wisatawan yang berkunjung ke pantai Selatan untuk tetap waspada terutama yang mandi di laut. Selain itu para nelayan dan pengguna jasa kelautan diminta untuk berhati-hati karena tinggi gelombang tersebut sangat berbahaya.

Sebelumnya pada Rabu (30/7/2014) tim Balawisata Pantai Indah Widarapayung yang tergabung dalam Widara Payung Surfing Club (WPSC) Cilacap, Jawa Tengah, berhasil menyelamatkan dua wisatawan yang tenggelam di objek wisata itu.

Dua wisatawan itu bernama Solehan (21) dan Rahmat (18), keduanya berasal dari Ajibarang, Kabupaten Banyumas.

Peristiwa yang menimpa dua wisatawan tersebut terjadi sekitar pukul 17.15 WIB saat mereka sedang berenang di tepi Pantai Widarapayung. Saat itu, kondisi pantai sedang surut namun tiba-tiba datang gelombang setinggi 2 meter yang langsung menyeret dua wisatawan tersebut ke tengah pantai.

Pada hari yang sama sebuah tongkang diketahui terdampar dan berhasil dievakuasi ke tengah laut setelah sempat terdampar di Pantai Tegalkamulyan yang berada tidak jauh dari Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Cilacap.

Selain tongkang, gelombang tinggi dan angin kencang juga sempat mengakibatkan sebuah kapal tanker kosong menghantam bangunan pemecah gelombang nomor 6 di sekitar Pantai Teluk Penyu hingga akhirnya terdampar di tempat itu pada hari Sabtu (26/7/2014).



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda