Nov
25
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Sedekah Laut Digelar 6 Oktober
Oleh Wagino   
Selasa, 03 Oktober 2017 07:31

CILACAP, (CIMED) - Warga nelayan di Kabupaten Cilacap bakal menggelar adat tradisional sedekah laut pada Jumat (6/10/2017) mendatang. Kegiatan yang masuk dalam kalender tahunan ini diawali dengan prosesi larung jolen Tunggul dari Pendapa Wijaya Kusuma Cakti Cilacap.


Kepala Bagian Setda Cilacap, Taryo mengatakan, rangkaian kegiatan para nelayan sendiri dimulai sejak Kamis (5/10/2017) pagi yaitu ziarah ke Karangbandung pulau Nusakambangan. Pada malam harinya dilanjutkan dengan tasyakuran yang dilaksanakan di Pendapa Kabupaten Cilacap.

"Baru pada hari Jumatnya dilaksanakan prosesi larung jolen Tunggul yang dimulai dari pendopo Kabupaten Cilacap menuju pantai teluk penyu Cilacap. Rute yang dilalui  adalah Jalan Ahmad Yani, Jalan Sutoyo, brug menceng, Jalan Laut dan terakhir Pantai Teluk Penyu," kata Taryo, Senin (2/10/2017).

Taryo mengemukakan, gelar adat tradisional sedekah laut ini sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan kepada Allah SWT atas berbagai rizki yang diterima para nelayan selama ini, sekaligus memohon kehadirat Allah agar dalam menjalankan ptofesinya sebagai nelayan senantiasa mendapatkan keberkahan dan keselamatan. Disebutkan, saat prosesi larung jolen Tunggul ini akan diikuti  delapan kelompok nelayan yang ada di Cilacap dan satu kelompok HNSI Cilacap dengan diiringi oleh berbagai atraksi yang menarik.

"Untuk mendukung kelacaran dan kesuksesan kegiatan tersebut, hampir dua  minggu ini para petugas  terus melalukan latihan atau gladi di Pendapa Kabupaten Cilacap," katanya.

Menurutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini sangat menarik, dan merupakan salah satu calender of Evan Pariwisata di Kabupaten Cilacap. Bahkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap dalam menyemarakan kegiatan ini  akan menyelengarakan juga Pentas Seni Budaya se Barlingmascakeb Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Hari Sabtu Tanggal 7 Oktober 2017 mulai pukul 19.30 WIB di Alun-alun Kabupaten Cilacap.

“Karenanya kami mengajak kepada warga masyarakat untuk datang dan menyaksikan kegiatan sedekah laut  serta kegiatan lainnya tersebut. Warga bisa hadir baik di Pendopo Kabupaten Cilacap maupun maupun alun-alun dan sepanjang rute yang akan dilewati iring-iringan jolen," pungkasnya.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda