Sep
28
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Potensi Wisata Air Terjun Cipari Butuh Sentuhan
Oleh Wagino   
Jumat, 21 Maret 2008 21:45

CIPARI - Cipari merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Cilacap. Tanah pertanian daerah ini cukup subur. Tanah pertanian di Cipari sudah beriirigasi teknis, sehingga petani tidak perlu khawatir kekurangan air dilahannya.

Wilayah Kecamatan Cipari tidak seluruhnya merupakan hamparan dataran rendah, tetapi sebagian berupa dataran tinggi (pegunungan). Dataran tinggi ini berada di bagian utara wilayah tersebut. Didataran tinggi (pegunungan) ini ada 2 obyek wisata yang cukup dikenal oleh masyarakat setempat dan sekitarnya, yaitu curug (air terjun) dan pemandian air panas.

Kedua obyek wisata tersebut bisa dikatakan merupakan satu rangkaian. Sebab letak atau keberadaan obyek wisata tersebut saling berdekatan hanya berjarak sekitar 400 meter, sehingga saling mendukung.

Namun demikian obyek wisata curug (air terjun) yang tingginya lebih dari 20 meter tidak bisa terlepas dari kondisi air saat disitu. Dengan kata lain obyek wisata sangat bergantung terhadap kondisi lingkungan alamnya. Di musim kemarau air tidak bisa mencukupi kebutuhan obyek wisata curug, karena sungai sebagai pusat utama air ke obyek wisata curug tersebut dibendung warga setempat. Air yang ada dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga sehingga obyek wisata tampak mati. Meskipun demikian setiap hari libur obyek wisata ini tetap ramai dikunjungi wisatawan yang berasal dari luar daerah seperti Ciamis, Tasikmalaya, Banyumas dan masyarakat sekitar Cipari.

Untuk menuju air terjun tidaklah terlampau sulit, meskipun berada diketinggian namun jalan setapak dari beton sudah tersedia dengan model berundak-undak. Panorama disekitar air terjun lumayan bagus, dengan diiringi gemericik air pengunjung dapat mandi sepuasnya dibebatuan dengan air yang lumayan dingin.

Berdasar pantauan CilacapMedia, Kamis (20/3), obyek wisata air terjun tersebut perlu mendapat sentuhan terutama pengelolaan yang benar pasalnya kondisi di sekitar air terjun yang tampak seperti tak terawat.