Sep
28
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Mencari Ketenangan Di Pantai Rancah Babakan
Oleh Wagino   
Jumat, 28 Maret 2008 12:42

CILACAP – Pantai Rancah Babakan terdapat diujung Barat Pulau Nusakambangan atau lebih tepatnya berada di Plawangan Barat. Pantai Rancah Babakan ini masih alami, dengan pemandangan pantai pasir putih yang dihiasi batu karang yang menakjubkan. Deburan ombak Samudera Indonesia menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang butuh penyegaran.

Saat air laut pasang, pantai tampak dihiasi pasir putih dan kerikil dengan aneka warna. Jika air laut surut, sejumlah batu karang tersembul. Disini para pengunjung dapat menikmati segarnya air laut sambil duduk-duduk diatas batu karang. Pohon-pohon yang tumbuh secara alami dipinggir pantai menambah sejuk udara pantai.

Selain panorama pantai yang indah, Rancah Babakan juga cocok untuk wisata alam karena berbatasan langsung dengan hutan Pulau Nusakambangan. Aneka tumbuhan dapat dijumpai disini. Cocok untuk kegiatan studi lapangan siswa sekolah.

Untuk menuju Pantai Rancah Babakan wisatawan dapat menggunakan perahu compreng dari dermaga penyeberangan Sleko, atau bisa juga dari dermaga Majingklak. Perahu jenis compreng mampu mengangkut penumpang sebanyak 20 hingga 25 orang. Waktu tempuh perjalanan dari dermaga Sleko ke Plawangan Barat dengan menggunakan perahu Compreng sekitar 2,5 jam. Bila menggunakan perahu compreng, maka untuk sampai didarat harus dilanjutkan menggunakan perahu jukung (kathir) karena belum tersedia dermaga khusus. Dari pantai Plawangan Barat wisatawan melanjutkan kembali perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter untuk tiba di Pantai Rancah Babakan.

Akan lebih bagus bila sampai di pantai Rancah Babakan sebelum jam sembilan pagi, karena wisatawan dapat berlama-lama menikmati keindahan pantai dengan debuan ombak laut yang biru. Tentu dengan bekal makanan dan minuma secukupnya, karena disini tidak tersedia penjual makanan atau minuman. Untuk kembali ke Cilacap paling lambat sebelum jam empat sore harus sudah meninggalkan Pantai Rancah Babakan untuk menghindari arus deras di Laguna Segara Anakan saat air laut surut.

Anda butuh penyegaran dan ketenangan? Tidak ada salahnya untuk mencoba keindahan Pantai Rancah Babakan.