Agu
14
2020
Today
Cuaca Cilacap 03-08-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Gelar Musda Ke-IV, DPD PKS Lantik Pengurus Baru
Oleh Wagino   
Minggu, 01 Nopember 2015 23:24

CILACAP, (CIMED) - Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Cilacap menggelar Musyawarah Daerah (Musda) di Hotel Grand Liana, Cilacap, Minggu (1/11/2015). Agenda inti musda mengumumkan dan melantik susunan pengurus DPD PKS Cilacap masa khidmat 2015-2020 yang dilakukan Dewan Pimpinan Wilayah PKS Jawa Tengah. Musda juga membahas sikap politik PKS menghadapi Pilkada 2017 mendatang.
Musda ke-IV tersebut dihadiri oleh sekitar 200 peserta, terdiri dari utusan DPP PKS, DPW Jateng, DPD PKS Cilacap dan utusan 24 DPC. Turut hadir perwakilan dari partai politik diantaranya PAN, PPP, PKB, Golkar, PDIP, Demokrat, Gerindra dan KPU Cilacap. Musda dibuka langsung oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Dalam laporannya, Drs Muh Zabidi, Apt selaku Ketua DPD PKS Cilacap menyatakan bahwa PKS memiliki karakter sebagai mesin politik yang efektif dan efisien. Sehingga dana yang terbatas bisa dioptimalkan menjadi banyak karya nyata dilapangan.

"PKS Cilacap berhasil meningkatkan suara pemilihnya pada Pemilu Legislatif 2014. Ini adalah prestasi kader yang sebanding dengan 37 orang dalam proses sosialisasi dan cakupan dakwahnya. Ini juga bukti bahwa PKS sudah mulai berakar kuat di masyarakat, sehingga perolehannya relatif stabil meski didera badai politik selama 2014," katanya, Minggu (1/11/2015).

Disebutkan, PKS masih bertahan dengan tiga kursi ditingkat kabupaten. Menurutnya, terjadi dinamika dilapangan, dimana ada dapil yang mendapatkan kursi baru tapi ada juga dapil yang kehilangan kursi.

"Hanya dapil 2 yang sampai sekarang belum pernah mendapatkan kursi dan ini menjadi tantangan bagi pengurus mendatang," tandasnya.

Zabidi mengungkapkan, PKS Cilacap saat ini tengah membangun markaz dakwah, yang dananya berasal dari iuran kader dan simpatisan. Diharapkan, pada awal tahun 2016 markaz dakwah PKS sudah bisa diresmikan dan dioperasionalkan.

Dalam posisinya yang baru sebagai ketua MPD, Zabidi berjanji akan lebih banyak memberikan saran dan masukan kepada para pengurus. Karena hal ini, kata dia, juga menegaskan adanya suksesi yang sehat, dari pengurus lama kepada pengurus baru.

Sementara itu Madi Mulyana, selaku utusan DPW Jawa Tengah menjelaskan, kader PKS diharapkan bisa menjadi elemen yang mempererat ukhuwah, bukan elemen yang memperuncing perbedaan dan memecah belah masyarakat.

"PKS harus banyak berkaca dan meneladani perjuangan para ulama terdahulu, seperti Walisanga yang mendakwahkan Islam dengan bijak dan minim konflik. Kader PKS harus banyak memberikan karya nyata dan tindakan yang solutif sehingga semakin dekat dan dicintai oleh masyarakat.," jelasnya.

Dia menegaskan, struktur PKS, baik ditingkat DPD, DPC maupun DPRa menyatakan kesiapan untuk menghadapi perhelatan Pilkada 2017. Sedangkan untuk opsi politik untuk mengusung atau mendukung serta dengan pihak mana akan bermusyarakah, diserahkan kepada mekanisme TOMDA (Tim Optimasi Musyawarah Daerah).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menegaskan bahwa PKS jangan hanya jadi penonton tapi pemain aktif.

"Jangan hanya jadi penumpang tapi sopir. Agar kontribusinya semakin jelas dan nyata dirasakan oleh masyarakat," tegasnya, saat membuka Musda ke-IV DPD PKS Cilacap, kemarin.

Usai Musda, Prayitno selaku ketua DPD periode 2015-2020 menegaskan akan melakukan konsolidasi internal yang baik dan kuat agar PKS semakin kokoh. Dengan kekokohohannya, diharapkan banyak hal bisa dilakukan.

Disinggung mengenai orientasi PKS dalam Pilkada 2017, Prayitno menjelaskan bahwa di dalam PKS ada mekanisme TOMDA yang diberi wewenang untuk membuat musyarakah politik, demi kemaslahatan dakwah ke depan.

Adapun susunan DPD PKS Kabupaten Cilacap masa khidmah 2015-2020 yang dilantik adalah Ketua MPD dijabat Drs Muh Zabidi, Apt, drg Farid Nasruddin sebagai Sekretaris MPD, lalu KH Arwani Amin, Lc sebagai Ketua DSD, sementara Sekretaris DSD dijabat Oki Priyatna, S.Ag. Sedangkan Prayitno, S.Kep, Ns menduduki posisi Ketua DPD,  Wakil ketua DPD dipercayakan kepada Agus Riyanto, S.Pd.I, Sekretaris Umum dijabat Sutrisno, A.Md, Bendahara  Eko Junianto, SE dan Kaderisasi dijabat KH Drs Milhan Royani.