Agu
14
2020
Today
Cuaca Cilacap 03-08-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Ambil Formulir Bacabup PDIP, Tatto Dinilai Cederai Parpol Pengusung
Oleh Wagino   
Selasa, 23 Pebruari 2016 22:18

CILACAP, (CIMED) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan membuka pendaftaran calon kepala daerah menghadapi Pilkada 2017 mendatang. Kesempatan tersebut dimanfaatkan Bupati Incumbent Tatto Suwarto Pamuji untuk mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati. Namun, langkah yang diambil petahana ini dinilai sejumlah pihak telah mencederai partai pengusung yang mengantarkan sebagai Bupati Cilacap periode 2012-2017.
Sejumlah kader Golkar pun angkat bicara menyusul langkah yang diambil incumbent mengambil formulir bacabup melalui PDIP.

Pengurus Kecamatan Binangun Partai Golkar DPD Cilacap, Supriyo Utomo, mengungkapkan, kalau dirunut sejak beberapa waktu lalu nuansanya sudah terlihat. Karena dari baliho yang dipasang Bupati backgroundnya merah.

"Incumbent mendaftar bacabup di PDIP. Ini jelas mencederai kepercayaan yang diberikan partai Golkar sebagai partai pengusung pada Pilkada 2012 lalu," ungkapnya, Selasa (23/2/2016).

Menurutnya, sejak menjabat sebagai Bupati Cilacap, komunikasi yang dibangun Tatto dengan jajaran pengurus Golkar Cilacap tidak berjalan baik.

"Sangat disayangkan, komunikasi yang terbangun dengan partai pengusung sangat kurang," ujarnya.

Priyo berharap, pengurus DPD Golkar segera mengambil sikap yang arif terkait langkah yang telah diambil incumbent berpaling ke partai lain untuk maju pada Pilkada 2017 mendatang.

Menurut Ekanto Wahyuning, langkah yang diambil Tatto itu sah-sah saja dan sudah bisa diduga sebelumnya. Semua orang tahu, lanjut dia, saat ini Tatto duduk sebagai Bupati Cilacap berangkat melalui Golkar dan memiliki kartu anggota Golkar.

"Ini bukan pelanggaran, tapi soal etika saja karena semua tahu pak Tatto duduk sebagai Bupati menggunakan kendaraan Golkar. Apalagi masih memiliki kartu Golkar," ujar Koordinator LSM Seroja yang juga fungsionaris Golkar, kemarin.

Oleh karena itu, lanjut dia, meski sudah terlambat seyogyanya sebelum mengembalikan formulir pendaftaran bacabup dari PDIP, Tatto diminta untuk pamitan kepada teman-teman Golkar sekaligus mengembalikan kartu anggotanya.

"Seharusnya, sebelum mengembalikan formulir berpamitan baik-baik dengan Golkar termasuk mengembalikan kartu anggota," tandasnya.

Dia menambahkan, lompatan politik Tatto dinilai indah walaupun menyakitkan beberapa pihak.

"Ini lompatan politik yang indah, dari merah kuning kembali kuning," imbuhnya.

Menanggapi dinilai telah berkhianat kepada parpol pengusung yang mengantarkan duduk sebagai Bupati periode 2012-2017, Tatto mengatakan bicara politik sulit untuk membedakan mana yang mengkhianati mana yang dosa.

Tatto berencana akan mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon bupati dari PDIP pada Minggu (28/2/2016).