Agu
14
2020
Today
Cuaca Cilacap 03-08-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Kembalikan Formulir Pendaftaran, Tatto Optimis Dapat Rekomendasi Dari DPP PDIP
Oleh Wagino   
Minggu, 28 Pebruari 2016 00:55

CILACAP, (CIMED) - Satu persatu bakal calon bupati yang mendaftar melalui DPC PDI Perjuangan Cilacap, mengembalikan berkas formulir pendaftaran. Salah balon bupati yang telah mengembalikan pada hari terakhir pendaftaran adalah Bupati Incumbent Tatto Suwarto Pamuji. Tatto bakal bersaing dengan empat balon lainnya untuk berebut rekomendasi diusung PDIP pada gelaran Pilkada Cilacap 2017 mendatang.


Bakal calon yang masih aktif menjabat sebagai Bupati Cilacap itu mengembalikan berkas formulir pendaftaran ke kantor Sekretariat DPC PDIP Cilacap di Jalan Boedi Utomo, Cilacap Selatan, Minggu (28/2/2016). Dengan demikian, Tatto sudah resmi mendaftar melalui DPC PDIP Cilacap.

Saat pengembalian, Tatto yang berangkat dari rumah dinasnya di komplek Pendopo Wijayakusuma diantarkan pendukungnya dari berbagai komunitas dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilometer. Tidak hanya itu, petahana yang mengenakan baju warna merah ini juga didampingi istrinya Tetty Suwarto Pamuji bersama keluarga besarnya. Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap juga mengantar keberangkatan Tatto hingga gerbang pendopo.

Setibanya di kantor Sekretariat DPC PDIP, Tatto langsung diterima oleh panitia penjaringan yang diketuai Rasmun Dwijo Waskito.

"Pendaftaran baik pengambilan maupun pengembalian frmulir dibuka selama satu minggu. Dan hari ini (Minggu, red) adalah hari terakhir pendaftaran ditutup pukul 00.00 WIB. Sejauh ini, yang mengambil bakal calon bupati ada lima, yang sudah mengembalikan empat dan satu belum mengembalikan," kata Ketua Panitia Penjaringan  Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati DPC PDIP Cilacap, Rasmun, Minggu (28/2) sore.

Disebutkan, empat balon bupati yang sudah mengembalikan formulir pendaftaran adalah Darimun, Toto Partono, Rohman Suryatmono dan Tatto Suwarto Pamuji. Sedangkan yang belum mengembalikan formulir adalah Taufik Nurhidayat, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Cilacap.

"Sedangkan bakal calon wakil bupati yang mengambil formulir ada lima orang, tapi yang mengembalikan baru dua yaitu Sutiyo dan Hasan. Sementara tiga balon wabup yang belum mengembalikan formulir pendaftaran adalah Taswan, Setyowati dan Sarijo," rincinya.

Setelah ini ditutup, tim verifikasi bekerja. Tim verifikasi meneliti keabsahan data, kelengkapan data kemudian ke DPD PDIP di Semarang. Setelah itu dilanjutkan ke DPP oleh DPD. Lalu yang menggodok sampai dengan keluarnya rekomendasi tentu saja di DPP Partai.

"Kalau aturan KPU tidak ada perubahan, proses ini harus sudah dimulai. Sehingga paling tidak sebelum tahapan-tahapan Pilkada, rekomendasi sudah keluar," jelas Rasmun.

Sementara itu tersiar kabar, Taufik Nurhidayat baru akan mengembalikan formulir pendaftaran balon bupati pada Minggu (28/2/2016) malam.

Optimis Dapat Rekomendasi

Terpisah, Tatto mengatakan, tidak ada strategi khusus untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP. Menurutnya, PDIP terbuka untuk siapa saja, sehingga siapa saja boleh mendaftar. Karena ini adalah bentuk demokrasi PDIP.

"Yang akan menentukan nanti DPP. DPP tahu siapa yang akan membangun Cilacap," katanya.

Apabila Taufik Nurhidayat mengembalikan formulir pendaftaran, Tatto dipastikan akan bersaing dengan Ketua DPRD Cilacap yang juga Ketua DPC PDIP Cilacap itu untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP.

Kendati demikian, Tatto menegaskan, pihaknya opttimis dapat rekomendasi dari DPP PDIP untuk bertarung dalam Pilkada Cilacap 2017 mendatang.

Sementara saat disinggung apabila rekomendasi turun pada dirinya, calon pasangan yang akan mendampingi kelak Tatto mengatakan, serahkan sepenuhnya pada partai pengusung.