Sep
28
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Jelang Pilkada, Peta Politik Masih Dinamis
Oleh Wagino   
Senin, 29 Pebruari 2016 08:45

CILACAP, (CIMED) - Majunya Tatto dalam Pilkada 2017 dengan mendaftar melalui PDI Perjuangan, belum final. Karena masih ada mekanisme fit and propertest di DPP PDIP dan hasilnya belum dapat dipastikan siapa pemegang rekomendasi nanti. Artinya peta politik kedepan masih sangat dinamis, mengingat jadwal pendaftaran di KPU waktu masih cukup lama.
Menurut analisis Mitra Institute, berdasarkan pergerakan partai yang mulai melakukan komunikasi politik, ketersediaan figur calon, kultur atau tradisi, dan sosiologis, memperkirakan dalam pilkada Cilacap 2017 akan ada dua kemungkinan, yaitu dua pasang dan atau tiga pasang calon bupati.

"Parpol utama pengusung bakal calon ada di PDIP, Golkar, dan Gerindra. Sedangkan Parpol pendukung ada pd PAN, PKB, PPP, PKS, dan Demokrat," kata Koordinator Mitra Institute, Agus Wahyudi, Senin (29/2/2016).

Agus mengemukakan, pada kemungkinan dua pasang calon potensi parpol pengusung ada di PDIP dan Gerindra. Sementara pada posisi ini Golkar dan PAN memiliki kemungkinan berkoalisi dengan keduanya.

"Dan pada kemungkinan tiga pasang calon, parpol  pengusung adalah  PDIP, Gerindra, dan Golkar. Pun demikian situasi ini akan terus dinamis berdasarkan pergerakan penjaringan PDIP yang sudah mendahului pendaftaran," paparnya.

Sedangkan terkait dengan figur bakal calon bupati, Agus memperkirakan tidak bisa dilepaskan dari Petahana, Taufik Nurhidayat, dan Fran Lukman dan atau figur lain yang di lingkarannya.

"Perlu diperhitungkan juga sosok pendatang baru Bambang Suharto bisa menjadi kuda hitam," pungkasnya.

Sementara berdasarkan catatan Harmas, sejumlah nama yang sebelumnya mengemuka berniat mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di Cilacap juga tak bisa dipandang sebelah mata. Sebut saja Wakil Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto, Kades Slarang Edy Sakimun, Toto Yuli Santoso, Wakil Ketua DPRD Cilacap Adi Saroso, Purwati, Winarto, Dedi Susanto dan Darimun.

Sebelumnya, pada Minggu (28/2/2016) sore, Bupati incumbent Tatto Suwarto Pamuji telah resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati melalui PDIP. Tatto bakal bersaing dengan empat pesaingnya memperebutkan rekomendasi dari DPP PDIP untuk maju dalam Pilkada 2017 mendatang.

Empat pesaing Tatto yakni Darimun, Toto Partono, Rohman Suryatmono dan Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat. Taufik sendiri mengembalikan formulir pendaftaran pada Minggu (28/2/2016) malam, beberapa jam setelah Tatto kembalikan formulir.