Nov
25
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Antisipasi Pilkada Calon Tunggal, KPU Siapkan Surat Suara Paslon Tunggal
Oleh Wagino   
Selasa, 13 September 2016 17:56

CILACAP, (CIMED) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap menyiapkan desain surat suara pasangan calon tunggal. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi apabila pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cilacap 2017 mendatang hanya diikuti oleh satu pasangan calon.


Komisioner KPU Cilacap, Akhmad Kholil menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU nomor 14 tahun 2015 tentang pemilihan kepala daerah dimungkinkan hanya diikuti oleh satu pasangan calon.

"Desain surat suara sudah kita siapkan. Ini untuk mengantisipasi apabila nanti Pilkada Cilacap hanya diikuti oleh satu pasangan calon," jelasnya, Selasa (13/9/2016).

Kholil menerangkan, mekanismenya adalah, masyarakat pemilih diminta untuk memilih setuju atau tidak setuju pada surat suara yang ada.

"Kalau seumpanya pemilih lebih banyak yang menyatakan setuju, maka pasangan calon itu terpilih sebagai bupati dan wakil bupati. Sedangkan kalau pemilih lebih banyak menyatakan tidak setuju, artinya pasangan calon itu tidak terpilih sebagai bupati dan wakil bupati," terangnya.

Disebutkan, sampai dengan saat ini dalam desain surat suara terdapat foto pasangan calon dan dibawahnya ada pilihan setuju dan tidak setuju. Pemilih nantinya harus mencoblos kolom setuju atau tidak setuju. Kemudian variannya, nyoblos dikolom setuju dan gambar pasangan calon itu dinyatakan sah. Berikutnya nyoblos dikolom tidak setuju dan gambar pasangan calon, itu dinyatakan sah.

"Tapi kalau hanya mencoblos pada gambar atau foto pasangan calon saja maka dinyatakan tidak sah," bebernya sambil menunjukkan specimen surat suara pasangan tunggal.

Dia menambahkan, kalau pada perhitungan suara ternyata pemilih yang menyatakan tidak setuju lebih banyak, maka pasangan calon tersebut tidak terpilih dan pemilihan diundur.

"Apabila jumlah suara tidak setuju suara calon pasangan tunggal lebih sedikit dari jumlah suara setuju, maka pasangan calon tersebut tidak terpilih. Waktu pemilihan kembali ditentukan kemudian," imbuhnya.

Seperti diketahui, masa pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati dibuka 21-23 September mendatang. Sedangkan penetapan pasangan calon pada 24 Oktober 2016. Berdasarkan pengamatan CILACAPMEDIA.com, sejauh ini baru satu pasangan yang santer mendapat rekomendasi dari DPP parpol yakni Tatto Suwarto Pamuji dan Syamsul Aulia Rachman. Sementara pasangan calon lain yang bakal bertarung melawan petahana belum ada kabar.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda