Sep
26
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Amankan Pilkada, 7.643 Personel Gabungan Dikerahkan
Oleh Wagino   
Rabu, 28 September 2016 16:05

CILACAP, (CIMED) - Sebanyak 7.643 personel gabungan Polri, TNI dan Linmas sudah disiapkan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati (Pilbup) Cilacap 2017. Hal itu terungkap saat apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Bumi Wijayakusuma 2016 di alun-alun Cilacap, Rabu (28/9/2016).
Apel yang diikuti oleh anggota TNI, Polri, Dishubkominfo dan Linmas Satpol PP Cilacap ini dipimpin langsung oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Acara tersebut dihadiri sejumlah pengurus partai pengusung bakal pasangan calon yang akan berlaga pada Pilbup 2017 mendatang.

Kapolres Cilacap AKBP Ulung Sampurna dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Cilacap Tatto Suwarto mengatakan apel gelar pasukan diselenggarakan untuk menunjukkan kesiapan Polri dan instansi terkait, dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi pengamanan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Cilacap 2017.

"Sehingga diharapkan, agar situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Cilacap menjelang, pada saat dan pasca Pilbup tahun 2017 tetap aman dan kondusif sehingga seluruh proses pelaksanaan tahapan pemilu dapat sukses," kata Kapolres Cilacap, Rabu (28/9/2016).

Dalam konteks inilah, Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilbup Cilacap 2017.

Dikatakan, perlu dicermati pelaksanaan Pilbup Cilacap 2017 terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius untuk diantisipasi sejak dini. Hal ini agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilbup Cilacap 2017.

"Berbagai potensi kerawanan tersebut dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilu berupa pelanggaran tindak pidana pemilu. Termasuk tindak pidana umum yang harus dikelola dan ditangani oleh Polri secara profesional, transparan dan akuntabel," katanya.

Ditegaskan, terkait tindak pidana pemilu pada Pilbup Cilacap 2017, Polri akan bekerja sama dengan Kejaksaan dan Panwaslu yang diharapkan dapat mengoptimalkan peran Gakumdu.

"Sehingga dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap permasalahanpelanggaran pemilu yang terjadi," tegasnya.

Oleh karena itu, kata dia, untuk menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsungnya Pilbup Cilacap 2017 Polres Cilacap meggelar operasi kepolisian kweilayahan dengan sandi Mantap Praja Bumi Wijayakusuma 2016.

"Operasi akan dilaksanakan sekitar 155 hari di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap dengan mengedapankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif dan rehabilitasi dalam rangka mengamankan setiap tahapan inti Pilbup Cilacap 2017," kata Kapolres.  

Disebutkan, untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Polri menerjunkan 900 personel dan BKO Brimob dibantu 300 personel TNI. Sedangkan dari Linmas sebanyak 6.434 personel yang akan ditempatkan di 3.217 TPS sementara yang tersebar 284 desa maupun kelurahan di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres meminta kepada seluruh personel yang bertugas agar menyiapkan ental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral, disiplin kerja yang tinggi dan semangat pengabdian terbaik dengan tampilan sikap humanis. Hindari sikap arogansi dan kesewenang-wenangan dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

"Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri sehingga mampu merespon secara cepat dan tepat setiap permasalahan yang berpotensi menggganggu jalannya Pilbup Cilacap 2017. Kemudian kedepankan kerjasama yang sinergis dengan seluruh instansi terkait. Kepada TNI dan Polri jaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis," pungkasnya.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda