Des
12
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim
Pertamina Pecahkan Rekor Muri 'Pemakaian SCBA' Cetak
Oleh Wagino   
Jumat, 24 Pebruari 2017 14:41

CILACAP, (CIMED) - Pertamina RU IV Cilacap kembali memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri). Kali ini rekor yang tercatat dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah pemakaian "Self Contained Breating Apparatus (SCBA)" oleh 30 pekerja Pertamina.


Rekor tersebut diciptakan dengan berjalan kaki dari Alun-alun Cilacap menuju gedung Patra Ria yang berada di komplek perumahan Pertamina Lomanis, Cilacap. Rute yang dilalui sejauh empat kilometer tersebut ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Para pekerja ini mengenakan alat pelindung diri lengkap dengan beban "Breating Apparatus (BA)" tabung oksigen sebagai alat bantu napas seberat 12 kilogram. Termasuk masker SCBA yang wajib dipakai selama dalam perjalanan.

Manajer Eksekutif Muri Sri Widayati mengatakan pemakaian SCBA yang melibatkan 30 peserta dengan jarak tempuh sekitar empat kilometer dan waktu tempuh 35 menit itu merupakan rekor terbaru yang dicatat oleh Muri karena sebelumnya belum pernah ada.

"Pemakaian SCBA ini tercatat oleh MURI sebagai rekor yang ke 7.827," katanya.


Sementara itu General Manager Pertamina RU IV Cilacap Nyoman Sukadana mengatakan pemecahan rekor Muri tersebut dilaksanakan dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Pertamina yang mengusung tema "Zero Fatality, Kita Bisa".

"SCBA ini biasa dipakai untuk penyelaman ataupun kegiatan-kegiatan bawah air dan ini dalam rangka menguji ketahanan fisik," kata GM RU IV Cilacap.

Ditambahkan, selain penciptaan rekor Muri, beberapa kegiatan juga digelar dalam rangka Bulan K3 di Pertamina RU IV Cilacap, antara lain seminar kesehatan dengan pembicara dokter Boyke Dian Nugraha, donor darah, dan "safety riding course".

"Pertamina juga menggelar pelatihan Ikatan Kebakaran Indonesia (IKI) perwakilan kabupaten dan perusahaan se-Jawa, yakni dari Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Magelang, Boyolali, Kudus, Pati, Pemalang, Semarang, Sragen, Tegal, Nganjuk, dan Tasikmalaya dengan jumlah peserta 64 orang," pungkasnya.




Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda