Nov
21
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim
Tanam 10.150 Batang Pohon Langka, Pertamina Raih Rekor MURI Cetak
Oleh Wagino   
Jumat, 28 Juli 2017 13:07

ADIPALA, (CIMED) - Pertamina Refinery Unit IV Cilacap melakukan aksi pelestarian alam dengan menanam 101 jenis tanaman langka yang berjumlah 10.150 batang pohon yang ditanam secara serempak di Kawasan Konservasi Alam Gunung Selok, Adipala, Cilacap, Kamis (27/7/2017. Aksi menanam pohon langka dengan jenis terbanyak tersebut berhasil memecahkan rekor Museum Rekor - Dunia Indonesia (MURI).


General Manager (GM) Pertamina RU IV, Nyoman Sukadana mengungkapkan kegiatan penanaman tanaman langka tersebut merupakan wujud kepedulian Pertamina terhadap salah satu kekayaan Cilacap yakni keanekaragaman tanaman endemik yang kini mulai langka.

Menurutnya, kegiatan ini sifatnya berkelanjutan, yaitu untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian, serta untuk mengembangkan pariwisatanya itu sendiri. Pertamina berharap, dengan adanya kegiatan ini, Kawasan Konservasi Gunung Selok bisa semakin dikembangkan lagi manfaatnya. Bukan hanya sebagai destinasi wisata saja, tapi juga menjadi laboratorium alam, tempat masyarakat belajar dan meneliti keanekaragaman flora yang ada di Cilacap maupun Jawa Tengah nantinya.

Selain itu, kegiatan ini juga jelas memberikan dampak yang baik terhadap lingkungan. Dari jumlah pohon yang ditanam, setidaknya ada penurunan kadar CO2 dalam udara sebesar 1.487,69 ton per tahun.

Pertamina tidak berjalan sendiri, tapi juga berkolaburasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN). Dalam hal pengelolaan lahan konservasi Pertamina menggandeng BKSDA. Sedangkan dalam pemanfaatan tanamannya Pertamina menggandeng JSAN.



Sementara itu Manajer MURI, Aryani Siregar menyebutkan, rekor penanaman pohon langka terbanyak sebelumnya pernah dilaksanakan di Denpasar, Bali yakni sebanyak 10.000 pohon cempiring. Dan rekor terbaru penanaman pohon langka jenis terbanyak diraih Pertamina RU IV Cilacap yakni 101 jenis dengan jumlah 10.150 batang pohon. Rekor ini tercatat di MURI pada urutan ke-8.009.

Pertamina RU IV sebelumnya sudah beberapa kali tercatat di MURI, antara lain pada Juni 2010 memprakarsai prosesi pernikahan dengan tema penggunaan limbah non B3, selanjutnya pada Desember 2015 rekor rangkaian mendoan terbesar, kemudian pada Desember 2016 mencatat rekor pemadaman api awal oleh wanita dengan jumlah terbanyak dan pada Pebruari 2017 rekor pemakaian peralatan SCBA oleh pekerja dengan berjalan kaki menempuh jarak terjauh 4 kilometer.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda