Agu
29
2014
Today

Cuaca Cilacap 2-8-2014

Hujan
Suhu : 23-320C
Angin : 5-32 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini
Braakk!! Tower Pemancar TVE Dan Jardiknas Roboh
Oleh Wagino   
Rabu, 04 Maret 2009 19:31

CILACAP, (Cimed) – Langit mendung disertai angin kencang menyebabkan tower pemancar setinggi 60 meter yang semua spannernya sudah berkarat roboh menimpa gedung aula SMK Negeri dan sebagian atap sekolah SMKNegeri 2. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Braakkk!! Pukul 16.30 WIB, Rabu (4/3) tower yang berada diantara aula dan laboratorium komputer SMK Negeri 1 dan diperuntukan untuk pemancar TVE dan koneksi Internet Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional) tersebut roboh. Saat kejadian berlangsung sejumlah guru dan teknisi yang berada sekitar 10 meter dari pemancar berlarian menyelamatkan diri.

Demikian anak-anak SD yang tengah latihan nari di dalam aula. Mereka berhamburan keluar ruangan karena genteng berjatuhan.

Atap genteng ambrol menimpa langit-langit. Akibatnya plafond mengalami bolong-bolong dan genteng berserakan di lantai aula. Tak hanya itu siaran TV dan koneksi Internet pun terhenti.

Tower pemancar yang terbuat dari besi dengan model triangle itu kini hanya menyisakan sekitar 10 meter dari atas pondasi.

“Sekitar jam empat sore sudah ada tanda-tanda mau roboh. Kawat spanner ada yang putus, maka kita segera menghubungi tenaga yang biasa menangani tower,” kata Untung salah satu guru di SMK Negeri 1 Cilacap yang menjadi saksi mata detik-detik robohnya tower pemancar.

Menurut dia, tenaga yang diundang pun segera datang dan langsung mempersiapkan untuk melakukan perbaikan. Namun saat melakukan persiapan, ketika ada tiupan angin sedikit besar tower roboh kearah barat.

“Jumlah spanner yang putus sebelum roboh ada delapan,” katanya sambil menunjukan rekaman video detik-detik robohnya tower meski tidak lengkap karena keburu lari karena takut tertimpa.

Dijelaskan, karena jumlah spanner yang terputus cukup banyak akibatnya saat ada angin besar pemancarpun roboh.

Kerugian akibat robohnya tower pemancar tersebut diperkirakan lebih dari Rp 100 juta.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Comments 

 
0 #2 pak paimin2 2009-03-06 18:06
njih pak paimin, benerkuwi, untung banget ora ana korbane, sing 100 juta njaluk bae maring kakine
Quote
 
 
0 #1 tower 2009-03-05 15:20
lah kuwe marekna ngerugikna wong liya mangkane sing duwe kudune rajin mriksa tower kuwe untung bae ora nibani bocah2 nek nibani mbok dadi mubah wis ora sekolah,ya ora sida nari mulani ya kang di teliti
Quote
 

Posting komentar anda


News Lainnya :