Agu
14
2020
Today
Cuaca Cilacap 03-08-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim
Meski Bupati Ditahan, Pemerintah Tetap Berjalan
Oleh Wagino   
Senin, 27 April 2009 17:23

CILACAP, (Cimed) – Meski sejumlah kabupaten di Jawa Tengah bupatinya kini ditahan maupun dijadikan tersangka terkait sejumlah kasus korupsi, Gubernur Jateng Bibit Waluyo, menjamin kegiatan pemerintahan akan tetap berjalan baik. Aktivitas pemerintahan tetap dapat dilaksanakan oleh wakil bupati maupun sekretaris daerah.

Hal itu disampaikan Gubernur ketika ditanya wartawan usai menghadiri upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-45 yang di pusatkan di Lapas Klas IIA Khusus Narkotika Pasir Putih, Pulau Nusakambangan.

Pemerintahan tetap akan terus berjalan. Tak ada masalah,” kata Gubernur.

Gubernur mengatakan, semua tugas bupati yang kini tengah ditahan maupun sedang menjalani penyidikan di kejaksaan dapat dilaksanakan oleh wakilnya. Sekretaris daerah juga dapat ikut membantu melaksanakan tugas bupati.

“Semuanya bisa langsung ditangani oleh wakil bupati dan sekda. Pemerintahan akan tetap terus berjalan. Tak akan terhambat,” jelasnya.

Terkait proses hukum terhadap sejumlah bupati, Gubernur juga menyatakan, tak akan menghambat proses penegakan hukum yang sedang berlangsung. Karenanya, pihaknya tak akan berupaya menghalangi penahanan Bupati Purworejo Kelik Sumrohadi dan Bupati Kendal Hendy Boedoro yang kini telah ditahan.

Selain itu, pihaknya juga tak akan menghambat proses penyidikan terhadap Bupati Cilacap Probo Yulastoro yang telah dinyatakan sebagai tersangka terkait sejumlah kasus korupsi oleh Kejaksaan Tinggi Jateng.

“Yang penting kita tak boleh menghambat proses hukum. Kesemuanya itu adalah proses. Biar saja proses itu berjalan,” katanya.

Untuk itu, Gubernur mengingatkan, masyarakat juga perlu mengedepankan azas praduga tak bersalah.

“Makanya, ikuti saja proses hukum yang sedang berlangsung. Semuanya harus berjalan. Sehingga hukum berjalan seperti air mengalir,” katanya.

Dia menandaskan, kalau memang tak ada masalah tentu tak akan ada penahanan pada beberapa bupati di Jateng.

 

News Lainnya :