Okt
20
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim
Gempa Guncang Cilacap, Warga Panik Dan Berhamburan
Oleh Wagino   
Rabu, 02 September 2009 16:18

CILACAP, (Cimed) – Gempa bumi mengguncang Cilacap membuat warga Kota Cilacap berhamburan keluar rumah. Sebagian besar memilih tempat yang aman seperti lapangan dan pinggir jalan. Suasana tambah panik lantaran getaran gempa menimbulkan suara pada bangunan rumah.

Gempa yang mengguncang Kota Cilacap terjadi pada Rabu (2/9) sekitar pukul 14.55 WIB. Gempa berlangsung cukup lama, lebih dari satu menit.

“Saya sedang browsing Internet saat goncangan gempa. Tadinya saya kira mejanya kesenggol user yang lewat. Tapi ternyata goncangan makin kuat dan cukup lama, saya langsung keluar warnet. Saya lihat user lain pada lari keluar warnet dan dipinggir jalan sudah banyak orang,” kata seorang pelanggan warnet di Jalan Kelud, Mia kepada CilacapMedia.com.

Kepanikan warga untuk menyelamatkan diri juga terjadi di sejumlah perkantoran dan pusat keramaian. Di Kantor Imigrasi Cilacap, staf dan puluhan pembuat paspor berhamburan keluar ruangan menuju jalan halaman dan pinggir jalan.

Kondisi serupa juga terjadi di Pasar Gede Cilacap, pengunjung yang tengah memadati pusat perbelanjaan itu berhamburan keluar begitu mereka merasakan getara gempa yang kuat.

“Saya baru mau masuk halaman parkir, tapi malah pengunjung berhamburan keluar dari Pasar Gede. Saya pun memutar balik. Mobil saya terasa digoyang-goyang,” tutur Ruci Haryono, warga Jalan Cibeureum, Donan.

Berdasarkan data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), gempa yang melanda Cilacap juga dirasakan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Gempa berkekuatan 7.3 Skala Richter terjadi pukul 14.55 WIB.

“Pusat gempa di Tasikmalaya berada di 8.24 Lintas Selatan – 107.32 Bujur Timur yang berlokasi di 195 km sebelah Barat Daya Cilacap dengan kedalaman 30 kilometer,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Cilacap, Hidayatul Mukhtar.

Hidayattul mengatakan, gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar waspada jika terjadi gempa susulan. Sementara itu, hingga berita ini diturunkan belum diketahui secara pasti akibat yang ditimbulkan dari gempa yang terjadi.

 

News Lainnya :