Des
12
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Dengan Idul Fitri Mari Kita Saling Memaafkan Cetak
Selasa, 23 Agustus 2011 10:34

Pengaruh Idul Fitri terhadap kehidupan bermasyarakat Indonesia luar biasa; mengesankan, mendalam, sarat kemanusiaan yang beriman. Berbondong-bondong warga mudik. Mereka bersilaturahim dengan orangtua, saudara, dan tetangga. Memperbarui dan menyegarkan hubungan persaudaraan dengan hati lega.

Hati lega penuh syukur karena Idul Fitri dirayakan setelah kaum Muslim berpuasa sebulan penuh. Memusatkan kehidupan kepada Allah, menghayati persaudaraan dan setia kawan dengan sesama. Melalui doa, silaturahim, zakat fitrah, dan sedekah.

Harus kita katakan, alangkah beruntungnya bangsa yang tengah dililit banyak masalah ini dengan momentum Idul Fitri. Ia menjadi oasis atau setidaknya waktu jeda dari banyak urusan. Fokus kita hanya satu: menyambut dan merayakannya dengan keikhlasan. Karena itu, Idul Fitri tetap menjadi penantian penting, terlebih ketika kehidupan modern sering memberi kekosongan jiwa.

Dalam Idul Fitri pintu maaf dibuka dan silaturahmi pun diberi penekanan amat tinggi. Dan, inilah yang kemudian menggerakkan sesama umat muslim untuk saling menyapa dalam sebuah pertemuan. Pertemuan dalam arti harfiah maupun simbolis.

Mereka yang berada di perantauan menjadi amat penting untuk kembali ke kampung halaman masing-masing. Untuk bersilaturahmi dengan keluarga, dengan kerabat, dengan handai tolan. Menghidupkan kembali batin yang lelah karena kehidupan 'yang keras' agar menjadi kerinduan yang penuh arti persaudaraan. Kerinduan seperti inilah yang mengisi ruang-ruang batin kita yang kosong. Ia menjadi kebahagiaan yang tidak tergantikan.Idul Fitri atau Lebaran menjadi momentum sungguh penuh makna. Makna dalam banyak hal: religiositas, ritual, sosial, kultural, dan bahkan ekonomi. Dan, seluruh umat muslim Indonesia, besok, merayakan momentum yang sarat makna itu.

Idul Fitri atau Lebaran menjadi momentum sungguh penuh makna. Makna dalam banyak hal: religiositas, ritual, sosial, kultural, dan bahkan ekonomi. Dan, seluruh umat muslim Indonesia, besok, merayakan momentum yang sarat makna itu.

Dengan perasaan bahagia CILACAPMEDIA.com mengucapkan selamat bagi seluruh umat muslim yang merayakannya. Selamat Idul Fitri 1432 Hijriah. Selamat kembali kepada kefitrian. Semoga kesucian hati bangsa ini menjadi energi baru untuk menatap masa depan yang (mungkin) kian tidak menentu.

Ditulis Oleh Suryo Pranoto

Penulis adalah Pengurus Nahdlatul Ulama Tambakreja – Cilacap Selatan



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Comments 

 
+1 #2 salam salam 2012-02-17 21:53
salah satu nilai dari silaturahmi yang tak ada bedanya dengan "srawung" sekaligus sungkem kepada orang tua inilah yang menjadi kebudayaan yang akan mengakar dan menjadi sebuah kekuatan yang tak bisa tertandingi, dimana semua keguatan terkontaminasi dengan adanya material yang mengkontaminasi kehidupan kita, :)
Quote
 
 
0 #1 lg di papua 2011-08-31 03:23
selamat hari raya idul fitri...maafin bpk ga bs pulang kampung n buat istriku tercinta*AJENG RETNO KINASIH*aq akan selalu mencintaimu selamanya
Quote
 

Posting komentar anda