Sep
24
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Gurihnya Gorengan "Gembus"
Oleh Wagino   
Jumat, 09 Nopember 2007 21:58

CILACAP - "Monggo bu…gembuse tesih anget niki, tembe kemawon ngentas," sapa hangat lelaki tua yang juga tengah sibuk menusuk-nusuk wajan penggorengan dengan kedua stik ditangan.

Sambil sibuk memainkan kedua stik kemudian lelaki tua ini kembali bertanya, "Mundhut pinten bu? Gangsalatus nggih kenging, sewu kenging, lah pinten-pintena kula doli," ujar Mad Siam, salah satu penjual "Gembus" asal desa Kalisabuk. Si ibu menyodorkan uang ribuan dua lembar, "Niku kalihewu mawon, ning nyuwun sing nembe ngentas niku," katanya.

Gembus adalah salah satu makanan tradisional khas Cilacap. Bentuknya unik seperti donat putih, rasanya gurih, renyah dan empuk saat panas dan sedikit kenyal bila mulai dingin. Gembus cocok disantap saat masih panas, lebih enak lagi bila dicocol dengan sambal pedas Indofood atau semacamnya. Terlebih disaat udara sedang dingin.

Gembus merupakan gorengan yang terbuat dari ketela pohon atau orang Cilacap menyebutnya budin. Bahan baku gembus sangat mudah didapat. Ketela dipilih yang empuk ( mempur ), setelah dikupas kemudian dikukus ( didang ) selanjutnya ditumbuk menyerupai gethuk. Setelah menjadi adonan menyerupai gethuk kemudian dibentuk seperti donat kecil-kecil. Selesai digiling dan dibentuk seperti donat selanjutnya dianginkan beberapa saat.

Proses pembuatan gembus mentah dilakukan pada pagi hingga siang hari. Selanjutnya sore hari siap untuk digoreng. Gembus mentah hanya tahan sampai tiga hari tiga hari.

Beberapa tahun yang lalu untuk menikmati gorengan gembus harus menunggu ada tontonan pagelaran wayang, calung, atau musik yang digelar malam hari di desa maupun di kota. Belum pas rasanya kalau nonton wayang atau calung pulangnya tidak beli gembus untuk oleh-oleh. Namun seiring dengan perubahan jaman, saat ini sangatlah mudah untuk mendapatkan gorengan gembus di sekitar kota Cilacap tanpa harus menunggu ada panggung hiburan.

Saat kita jalan-jalan sore atau malam hari di sepanjang jalan utama seperti Jalan Gatot Subroto, S. Parman dan kawasan lapangan eks. Batalyon Cilacap, biasanyanya mereka mangkal di setiap pertigaan seperti Jalan Lawu, Bromo, lampu merah CPM, pertigaan Katamso dan pintu masuk lapangan eks Batalyon. Atau mungkin pas bepergian dari kota kearah Adipala kita akan melihat ada bakul gorengan yang pegang stik sambil duduk di pinggir jalan dengan lampu senthir.

Jualan gembus cukup lumayan untuk ukuran Mad Siam, pada hari biasa dalam sehari mampu menjual minimal 10 kg gembus atau setara dengan 400 biji gembus, hasilnya jauh lebih besar saat ada panggung hiburan seperti wayang bisa mencapai 25 kg. Harga jual gembus relative murah Rp 1.000 sejinah ( sejinah = 10 biji ). Kegiatan jualan gembus dilakukan oleh Mad Siam disaat garapan sawahnya sudah senggang.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Comments 

 
+2 #35 resep gembusedy suharyono 2014-02-11 10:20
Mas Anto! Saya term[censored]k hobis berat sama gembus. Krn setiap pulang ke Pamarican Ciamis, sll nyempetin pesen gembus. Krn saya tinggal di Semarang, ingin bisa bikin gembus. Saya blm pernaj mencoba membuatnya, krn blm ada resep yg pas. Ada yg bilang bikinnya katanya budinnya stl dikupas lalu diparut, diperas sedikit agar tdk terlalu lembek. Kemudian dikukus (didang), trus stl mateng ditutu biar kaya ketan. Trus diler di tampah yg disarapi daun pisang. Lalu diiris-iris sedriji (jari) dg panjang kira2 10 cm, trus ujung disambungin jadi kaya cincin. Lalu dobiarkkan (diangin-anginkan) biar dingin. Lalu ditabri tepung tapioka sedikit agar klo disimpan tidak dempet. Baru digoreng kapan kita mau.
Gitu Mas Anto, tapi inipun blm pernah saya coba. Gmana Mads Anto, apa resep begini bener nggak? Mohon komennya! Trima kadih banget atas komennya. Biar sayacepet bikin gembus!
Quote
 
 
-1 #34 gebus mantapden tarno 2013-10-28 22:00
memang nek mangan gembus kue dadi kemutan sing gemiyen wektu cilik sing esih pada kumpul karo kanca kabeh,makanya ayo kita lestarikan gembus karo di tambahi variasi biar tambah banyak peminat gembus -from cah njojok alasmalang.
Quote
 
 
-1 #33 resepanto suyanto 2013-10-11 13:07
tolong informasinya sapa aj yang bisa bikin gembus.
kesewun........!!!!!!!!!!!
Quote
 
 
0 #32 ddddnida 2013-09-21 14:05
11112ssssssssss
Quote
 
 
+2 #31 RE: Gurihnya Gorengan "Gembus" 2012-12-31 16:01
panganan sing ra mengandung kolestrol n asam urat...hidup GEMBUS CILACAP...smoga tetap jaya....amin
Quote
 

Posting komentar anda