Nov
24
2014
Today

Cuaca Cilacap 3-9-2014

Cerah
Suhu : 22-280C
Angin : 5-27 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Buket Dan Gurih Mie Ayam “Wetan Kali” Cetak E-mail
Oleh Wagino   
Kamis, 16 April 2009 11:28

mie ayamMasyarakat tentu tidak asing dengan mie ayam. Salah satu makanan goyang lidah yang dikonsumsi dan digemari semua kalangan. Untuk mendapatkannya pun tidak terlalu sulit, pedagang keliling hingga rumah makan mewah kini banyak dijumpai.

Bagi anda penggemar mie ayam dan suka berkelana mencari suasana baru, belum maknyus rasanya kalau belum berkunjung dan menikmati mie ayam “Wetan Kali”. Mungkin bagi sebagian kalangan mie ayam “Wetan Kali” sudah tidak asing lagi, karena memang cita rasanya yang tinggi.

Tak heran warung tersebut selalu ramai dikunjungi pembeli. Bahkan meski di kota Cilacap mie ayam menjamur, namun tidak sedikit warga kota justru memilih bersusah payah datang ke warung mie ayam “Wetan Kali”. Tidak lain karena enak dan gurih rasanya, dan yang pasti ngangeni karena kuahnya yang buket.

Untuk mencari dan menjangkau warung “Wetan Kali” tidaklah sulit, karena berada dijalur utama Cilacap-Adipala, tepatnya di Jalan Raya Penggalang, sekitar 100 meter setelah jembatan Sungai Serayu dari arah Cilacap di sebelah kiri jalan akan tampak warung dengan cat warna kuning.

Namanya juga warung, pasti tempatnya sederhana, meski demikian, tempatnya cukup bersih sehingga tak mengurangi selera makan saat menyantap mie ayam.

Warung tersebut milik pasangan Sardi Haryoto dan Tusiwen yang telah menggeluti usaha mie selama hampir 24 tahun di Desa Penggalang, Kecamatan Adipala. Selama itu pula pasangan suami istri tersebut mengalami pasang surut dalam menjalankan usaha mie ayam. Mulanya jualan keliling dengan gerobak hingga kini telah memiliki tempat usaha tetap.

Mie ayam sajian warung “Wetan Kali” tidak jauh berbeda dengan mie ayam yang lainnya. Bedanya kuahnya kental, sementara diatas mie tidak ada kerupuk pangsit, yang ada taburan muncang (bawang daun, red) dan kacang goreng.

Dia menuturkan, selama ini banyak pembeli yang menanyakan gimana resep mie ayamnya kok rasanya bisa buket.

“Tidak ada resep khusus mie ayam miliknya. Kuah dan daging ayamnya dimasak dengan bumbu semur ayam. Ibu-ibu pasti sudah banyak yang tahu, banyak yang menyebutnya bumbu rujak,” tutur Tusiwen sembari menyiapkan mie untuk calon pembeli.

Yang pasti, kata dia, daging ayam tidak dicampur sayur caisim, jadi murni semur ayam. Air kuah dan air untuk merebus mie terpisah meski dalam satu dandang. Sedang mie mentahnya kita bikin sendiri.

mie ayam

Setiap hari setidaknya dibutuhkan 12,5 kg tepung terigu untuk membuat bahan mie. Untuk menjaga kualitas adonan mie bikinannya tidak menggunakan bahan pemekar.

“Sebenarnya menggunakan bahan pemekar keuntungannya jauh lebih besar. Tapi saya takut efek sampingnya, jadi biar untung sedikit yang penting pelanggan puas,” jelasnya tanpa merinci efek samping bagi kesehatan.

Setiap hari warung mulai buka pukul 09.00 WIB hingga sekitar pukul 20.00 WIB. Namun saat tanggal muda tidak jarang tutup lebih cepat karena dagangan sudah habis.

Selain menyajikan mie ayam, Warung Wetan Kali juga menyediakan bakso sebagai pelengkap dan minuman segar lainnya seperti es teh dan es jeruk.

Untuk semangkuk mie ayam kita cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000. Harga yang cukup murah bukan? Tidak ada salahnya saat melintas di Jembatan Sungai Serayu anda berhenti sejenak melepas penat sambil menikmati hidangan mie ayam yang lebih dikenal rasanye buket mbleketaket.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Comments 

 
+1 #140 penasarandier 2014-06-07 09:50
wuihhh..gawe ngiler bae lho..
kpan2 mampir lah
Quote
 
 
+2 #139 ciLacap love you toDarto 2014-04-16 21:53
sedulur kbeh cilacap kota sing jempolan pokoke
Quote
 
 
+1 #138 RE: Buket Dan Gurih Mie Ayam “Wetan Kali”ika 2014-01-06 17:24
Q kepengin mie ayam cilacap..nang makasar langka mie ayam sing enak +buket
Quote
 
 
+1 #137 mie ayam pinggir kalifathir 2013-12-18 08:24
Quote:
waduh,,,,,,jan aku golet mie ayam nang kalimantan langka sing enak,,sesuk aku bali rep mampir lah,,,,kanagen maring masakanne wong cilacap sing due ciri khas.


pancen bnr laka panganan enak ng kalimantan. ora kaya ng cilacap.
Quote
 
 
-2 #136 seneng jajan akupurwadi 2013-11-02 20:44
jaan dadi kepengin bali nyicipi. mendoane ana ara
Quote
 
 
+1 #135 OISHIIMANTAP 2013-10-13 09:23
wah wah,,,hem,,,,,, ,,dollan saba ku adipala penggalang pi ra ngerti jand hahaha ,,ya ngesuk ku pulang kampung manpir ,,pasti lah,,,,,
Quote
 
 
+1 #134 waregiwan golok 2013-08-31 22:41
jan memang bener2 nylekamid bgt mie ayame, jos bgt
Quote
 

Posting komentar anda