Okt
20
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Pemkab Cilacap Hamburkan Rp 3 Miliar Borong Mobil Baru
Oleh Wagino   
Jumat, 30 Mei 2008 20:42

CILACAP – Kebijakan Pemkab Cilacap yang menghamburkan dana sekitar Rp 3 miliar untuk pembelian 16 unit mobil dinas melalui APBD 2008 dinilai berbagai pihak sebagai pemborosan. Pasalnya kondisinya sangat bertolak belakang dengan maraknya aksi demo penolakan kenaikan harga BBM.

Sungguh ironis, disaat masyarakat tengah menghadapi berbagai kesulitan ekonomi akibat naiknya harga BBM dan kebutuhan pokok, Pemkab Cilacap justru menghambur-hamburkan uang untuk kepentingan pribadi tanpa memperhatikan kondisi masyarakat saat ini. Demikian sebagaimana yang dikemukakan Humas Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat, Sudiarto, Jum’at (30/5).

Dia menegaskan, Pemkab Cilacap seharusnya melakukan langkah-langkah penghematan terhadap penggunaan keuangan daerah dan peka terhadap persoalan social yang dihadapi masyarakat.

"Ini jelas pemborosan dan memberi contoh yang tidak mendidik disaat masyarakat sedang bertahan hidup dengan makan seadanya,” tegasnya.

Hal senada juga dilontarkan oleh Ketua Gerakan Independen Profesional (GIP), Habib M Ghozali yang menilai Pemkab Cilacap tidak pantas menjadi panutan. Bahkan, lanjut dia, pengadaan mobil dinas akan menjadi bumerang karena tanpa disadari akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah daerah.

"Pengadaan mobil ini membuktikan pemerintah daerah belum peka terhadap kondisi riil masyarakat yang masih jauh dari kesejahteraan, ini akan menjadi bumerang karena kepercayaan masyarakat yang sudah mulai terbangun akan kembali terpuruk. Karena kinerja bukan diukur dari mobil baru atau bukan melainkan perbuatan terbaik yang telah mereka berikan kepada masyarakat " katanya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber di lingkungan Pemkab Cilacap, 16 mobil baru yang dibeli di Purwokerto, dua mobil berupa sedan masing-masing Honda Accord All New dengan harga sekitar Rp 397 juta akan digunakan bupati dan Honda Civic dengan harga sekitar Rp 277 juta dipakai wakil bupati.

Sedangkan 14 mobil lainnya yakni jenis Toyoto Innova keluaran baru dengan harga sekitar Rp 197 juta akan ditumpangi sekda, tiga asisten sekda, anggota Muspida seperti kepolisian, kejaksaan dan para kepala dinas.