Okt
20
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Angka Perceraian Di Cilacap Tertinggi Di Jawa Tengah
Oleh Wagino   
Senin, 09 Juni 2008 11:34

CILACAP – Angka kasus perceraian di wilayah Kabupaten Cilacap tinggi dalam beberapa tahun terakhir ini bahkan menduduki peringkat tertinggi di Provinsi Jawa Tengah, disusul Kabupaten Brebes. Kasus perceraian yang terjadi umumnya lantaran tidak ada tanggung jawab dan keharmonisan dalam rumah tangga pasangan bersangkutan.

Hal itu diungkapkan Humas Pengadilan Agama Cilacap, Anwar Faozi, saat ditemui CilacapMedia.com, Senin (9/6).

Tingginya kasus perceraian tersebut, kata Anwar, menunjukkan kecenderungan semakin rapuhnya ikatan perkawinan serta kurangnya tanggung jawab suami terhadap pasangan dan anak mereka. Selain itu himpitan ekonomi juga menjadi salah satu faktor kasus perceraian.

Disinggung tentang banyaknya kasus perceraian TKW, Anwar mengatakan, hal itu disebabkan suami menikah lagi dengan perempuan lain saat mereka tengah membanting tulang di luar negeri. Tidak sedikit suami yang justru menghabiskan harta istrinya. "Karena ditinggal istri bekerja di luar negeri selama dua tahun sesuai kontrak kerja, banyak pria yang akhirnya kawin lagi," ujarnya.

Berdasar data Pengadilan Agama Cilacap, dalam kwartal pertama tahun 2008 jumlah kasus perceraian di Kabupaten Cilacap rata-rata 230 kasus per bulan.

Anwar menambahkan, untuk melayani proses perceraian di wilayah barat, pihak Pengadilan Agama Cilacap melakukan sidang keliling yang dilakukan setiap hari Rabu minggu terakhir dengan menggunakan gedung bekas Pengadilan Negeri.

Hal itu menurut Anwar sangat membantu, pasalnya jarak tempuh dari Majenang dan sekitarnya ke Cilacap Kota berkisar sekitar dua jam lebih bila menggunakan jasa angkutan umum, dengan pengeluaran minimal Rp 50 ribu per orang pulang pergi. “Selain menghemat waktu, paling tidak membantu pengeluaran bagi pasangan yang kondisinya pas-pasan,” imbuh Anwar. 

Tabel Faktor Penyebab Perceraian Selama Januari – April 2008

 Faktor Jumlah
 Tidak ada keharmonisan

 355

 Tidak ada tanggung jawab

 312

 Ekonomi

 135

 Kawin paksa

 51

 Cemburu

 24

 Gangguan pihak ketiga

 16

 Krisis Akhlak

 15

 Cacat Biologis

 5

 Dihukum

 5

 Penganiayaan

 3

 Poligami tidak sehat

 2

 Kawin dibawah umur

 0

 Politis

 0

Sumber : Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Cilacap